PEMANFAATAN ANALlSIS BREAK-EVEN POINT TERHADAP PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK PADA PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA DI SURABAYA

IRWAN SUDRADJAT, 049510817 E (2003) PEMANFAATAN ANALlSIS BREAK-EVEN POINT TERHADAP PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK PADA PT. COCA-COLA AMATIL INDONESIA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 118-03 SUD P.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu fakta bahwa perusabaan-pemsahaan yang ada di Indonesia saat ini telah mengalami perkembangan, balk itu perusahaan jasa atau perusahaan industri. Seorang pimpinan pemsabaan dituntut dapat mengendalikan perusahaannya mengikuti arus perekonomian yang bergerak maju sebingga pemsahaan yang di pimpin dapat mempertahankan ke\angsungan bidupnya. Rumusan masalah yang diambil dalam penelilian ini adalah : Bagaimana pemanfataan Analisis Break-Even Point bagi perusahaan dalam perencanaan laba jangka pendek yang dikehendaki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian, definisi operasional, jenis dan sumber data, prosedur pengumpulan data dan teknik analisis. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu untuk. memberikan informasi bagi perusahaan tentang manfaat Analisis Break-Even Point dalam hubungaannya dengan perencanaan laba jangka pendek. Dengan Analisis Break-Even Point diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT. Coca-Cola Amatil Surabaya yang memproduksi liga jenis minurnan ringan, yaitu Coca-Cola, Fanta dan Sprite dalam mernpertimbangkan perencanaan penjualannya agar diperoleh !aba yang optimal. Waktu pelaksanaan penelitian adalah dari bulan Agustus sampai dengan bulan Desernber 2002, yang dilakukan penulis dilokasi PT. Coca-Cola Amatil Surabaya yang terletak di jalan Rungkut Industri I125-27 Surabaya. Selama ini PT.Coca-Cola Amatil belum menerapkan Analisis Break-Even dengan benar dalam mempertimbangkan perencanaan !aba jangka pendeknya, yaitu tidak melakukan pemisahan biaya secara legal! dari biaya semiva.riabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel, sebingga untuk. itu penulis melakukan pemisahan biaya dengan menggunakan metode Kuadrat Terkecil (Least Square Method). kemudian penulis menyusun laporan laba rugi angaaran dengan metode variabel costing. Dari analisis pemisahan biaya tersebut dapat diketahui Break-Even Point atau titik impas perusahaan sehingga Margin of Safety juga dapat ditentukan untuk. menunjukkan sampai seberapa jauh penjualan boleh turon agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Dengan menggunakan Analisis Break-Even Point, perencanaan laba jangka pendeknya akan lebih realistis kareua pihak manajemen dapat menentukan alternatif terbaik untuk. melakukan perubahan terhadap volume penjualan, biaya variabel, biaya tetap ataupun harga jual untuk dapat mencapai laba optimal yang dikehendaki perusahaan. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan melakukan pemisahan biaya secara tegas ke dalam biaya tetap dan biaya variabel pada biaya semivariabel serta menerapkan Analisis Break-Even Point dalam perencanaan laba jangka pendeknya. iii Berdasarkan penelitian dan anaIisis yang dilakukan penulis pada PT. Coca-Cola Amatil terhadap masalah yang dihadapi maka penu1is dapat menarik suatu simpulan. Dari simpulan tersebut, penu1is mencoba untuk mengemukakan saran yang diharapkan dapat bermanfaat dan dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk pengembangan PT. Coca-Cola Amatil dimasa yang datang. iv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
IRWAN SUDRADJAT, 049510817 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 24 Nov 2016 19:23
Last Modified: 19 Jun 2017 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item