PENERAPAN PRODUCT PROFITABILITY ANALYSIS SIMPANAN MELALUI ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU PENUNJANG STRATEGI PENJUALAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG SURABAYA KALIASIN

YANTI EKASARI, 049812022 E (2002) PENERAPAN PRODUCT PROFITABILITY ANALYSIS SIMPANAN MELALUI ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU PENUNJANG STRATEGI PENJUALAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) CABANG SURABAYA KALIASIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 39-03 Eka p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama ini manajemen perusahaan hanya menggunaka laba kotor dan laba bersih pada laporan keuangan untuk mengukur profitabilitasnya. Begitu pula prestasi penjualan hanya ditekankan pada omzet penjualan. Pembuatan laporan profitabilitas dengan metode konvensional lebih menekankan pada laba operasi dengan memperhitungkan biaya umum tiap kelompok pelanggan dengan menggunakan persentase penjualan bersih, sehingga tidak mendorong akuntan manajemen untuk menentukan cost driver dari biaya umum. Hal ini menimbulkan perhitungan profitabilitas yang tidak akurat. Dalam penelitian ini akan diketahui Apakah metode ABC dapat dijadikan dasar dalam memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai profitabilitas produk, jika dibandingkan dengan metode konvensional dalam product profitability analysis. Bagaimana hasil penyajian product profitability report melalui pembebanan produk berdasarkan ABC dan bagaimana tingkat keuntungan masing-masing produk simpanan. Strategi apakah yang diambil terhadap masing-masing produk simpanan, sehingga membantu manajemen dalam menunjang strategi penjualan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) cabang Surabaya kaliasin Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi untuk memperoleh data yang kemudian akan diolah, dianalisis, diinterpretasikan menurut pemahaman dan persepsi peneliti tanpa menggunakan alat statistik. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini apakah perusahaan telah menetapkan produknya sebagai fokus operasionalnya, termasuk mengukur profitabilitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 39-03 Eka p
Uncontrolled Keywords: PRODUCT PROFITABILITY ANALYSIS ; STRATEGI PENJUALAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YANTI EKASARI, 049812022 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOH. NASIH, Drs. Msi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Nov 2016 20:21
Last Modified: 24 Nov 2016 20:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item