TITIK SUDARYANTI, 040023546 E
(2003)
PENERAPAN ENTERPRIZE INFORMATION SYSTEM PADA
MARKETING INFORMATION SYSTEM UNTUK
MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM
KERANGKA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (KASUS PADA PT. TELKOM).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Meningkatnya persaingan semakin menyadarkan perusahaan akan mutu. Perdebatan tentang mutu melibatkan permasalahan tentang bagaimana mendefinisikan mutu, bagaimana mengukurnya dan bagaimana menghubungkannya dengan laba. Ada banyak sekali batasan tentang mutu, tetapi tidak satu pun yang dapat menjelaskan dengan tepat apa sebenamya mutu itu. Dalam arti luas, mutu adalah suatu yang dapat disempurnakan karena paradigma berbagai konsumen tentang mutu itu tidak sama.
PT Telkom sebagai lembaga pelayanan masyarakat, berusaha untuk senantiasa menyempurnakan mutu pelayanan yang diberikan pada pelanggannya. Data yang selama ini dikumpulkan banya untuk mencatat pendapatan dan biaya ataupun keluhan pelanggan. Namun data yang tidak terintegrasi ini tidak dapat membantu PT Telkom untuk merumuskan masalah secara keseluruhan dan membantu manajemen untuk memutuskan produk yang lebih baik kepada pelanggannya. Skripsi ini menganalisa mengenai kemungkinan penggunaan Enterprise Information System pada Marketing Information System untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam kerangka Total Quality Management.
Teknologi informasi yang digunakan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan terutama dalam hal pelayanan. Penggunaan teknologi informasi akan mempermudah pihak manajemen dalam pengambilan keputusan atas hasil produktivitas yang telah dilakukan dalam melayani pelanggan. Enterprise Information System merupakan salah satu input system yang digunakan perusahaan dalam memproses informasi mengenai produk pada Marketing Information System hingga sampai ke tangan pelanggan. Dengan adanya sistem informasi ini perusahaan dapat memonitor aktivitas dan perkembangan usahanya dalam memenuhi harapan pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |