PENGAMBILAN KEPUTUSAN EKONOMI KELUARGA (Studi Deskriptif Tentang Pengambilan Keputusan Ekonomi Keluarga Yang Istrinya Pernah Bekerja Sebagai TKW di Kelurahan Satriyan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar) yang btrinya Pernah Bekerja Sebagai TKW di Kelurahaa SatriJ •• Kecaaa."'lCaaipro Kabupatea Blitar

YULI RATNA WATI, 079514848 (2000) PENGAMBILAN KEPUTUSAN EKONOMI KELUARGA (Studi Deskriptif Tentang Pengambilan Keputusan Ekonomi Keluarga Yang Istrinya Pernah Bekerja Sebagai TKW di Kelurahan Satriyan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar) yang btrinya Pernah Bekerja Sebagai TKW di Kelurahaa SatriJ •• Kecaaa."'lCaaipro Kabupatea Blitar. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ant 08-03 Rat p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya partisipasi wanita untuk bekerja di luar rumah khususnya keluar negeri (TKW), kian banyak di jumpai sebagai akibat menyempitnya lahan pertanian dan semakin terbukanya kesempatan kerja bagi wanita memasuki bidang-bidang pekerjaan. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi wanita yang belum menikab tapi juga bagi wanita yang telab menikah. Bagi wanita yang telah menikah atau istri, bekerja di luar rumah mempunyai pengaruh bagi keluarganya Salah satunya adalah penghasilan dari istri yang dipergunakan untuk keluarganya dan meningkatkan bargaining position (posisi tawar menawar) wanita yang dapat digunakan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan ckonomi keluarganya Penulisan skripsi ini beltujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan keluarga yang istrinya pernah bekerja sebagai TKW dalam hubungannnya dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini mengambil lokasi di Kelurahan Satriyan, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dengan pertimbangan di kelurahan tersebut banyak terdapat istri yang menjadi TKW dan telah ke~bali ke rumah. Pengambilan infonnan sebanyak 31 orang yang dilakukan secara purposif yaitu 15 orang wanita atau ibu rurnah tangga yang pemah beketja sebagai TKW, sebagai infonnan sasaran, sedangkan informan lainnya sebanyak 15 orang suami infonnan, serta I orang sebagai infonnan pangkal ialah Kepala Kelurahan Satriyan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan memberikan analisis berdasarkan data di lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatifuntuk mengkaji Jebih mendaJam pennasalahan penctitian. Analisis data mengungkapkan bahwa faktor mendorong istri bekerja adalah tekanan ekonomi keluarga yang meningkat serta tingkat pendidikan juga mempunyai pengaruh di dalamnya. Alokasi kekuasaan dalam keluarga pada pengambilan keputusan mengenai kebutuhan ekonomi (10 bidang) cenderung didominasi dati pihak istri, setelab istri kembali dati luar negeri. Hal ini berkaitan dengan penghasilan yang besar dati istri. Pengarnbilan keputusan dilakukan oleh istri seorang diri tidal< hanya cenderung kepada keputusan. keputusan yang bersifat domestik, melainkan juga pada pengambilan yang bersifat publik. Peningkatan status dan posisi wanita dalam keluarga berkaitan dengan sumbangan penghasilan yang besar serta semakin banyaknya keputusan-keputusan dalam keluarga yang melibatkan wanita sebagai ibu rumah tangga atau istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 08-03 Rat p
Uncontrolled Keywords: FEMALE WORKERS
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
YULI RATNA WATI, 079514848UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSri Sanituti Hariadi, SH.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 24 Nov 2016 21:43
Last Modified: 06 Jun 2017 18:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item