Nl NYOMAN PURNAMI DILlA SARI, 070016173
(2005)
SEMIOTIK IKLAN PARFUM DI MEDIA CETAK.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Wewangian atau parfum adalah produk kosmetik yang kini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, khususnya masyarakat modern. Parfum tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap penampilan, namun ternyata parfum juga dapat memunculkan perasaan-perasaan tertentu dan menimbulkan persepsi diri yang positif. Parfum juga kini tidak terbatas diproduksi oleh perusahaan kosmetik, melainkan juga perancang busana dan selebritis. Salah satu desainer yang meluncurkan produk parfum adalah duo desainer Italia Dolce&Gabbana. Parfum terakhir yang diluncurkan diberi nama Sicily. Salah satu bentuk kampanye pemasaran parfum ini adalah lewat iklan cetak yang dipasang di majalah Harper's Bazaar Indonesia edisi Juli 2004. Iklan ini menampilkan warna hitam putih yang kelam dengan ekspresi model yang tidak menggambarkan kegembiraan. Hal ini berbeda dengan iklan-iklan parfum lainnya yang cenderung menampilkan keglamoran dan keceriaan. Berkaitan dengan hal itu peneliti membuat rumusan masalah bagaimana aspek sejarah dan masyarakat Sisilia ditampilkan dalam iklan Dolce&Gabbana Sicily.
Actions (login required)
|
View Item |