ANALISIS KEY SUCCESS FACTORS DALAM RANGKA PENGENDALIAN OPERASIONAL UNTUK MENDUKUNG KEUNGGULAN BERSAING (KASUS PADA CV. CEMPAKA TULUNGAGUNG)

WENY APRIDONA, 0499611233E (2004) ANALISIS KEY SUCCESS FACTORS DALAM RANGKA PENGENDALIAN OPERASIONAL UNTUK MENDUKUNG KEUNGGULAN BERSAING (KASUS PADA CV. CEMPAKA TULUNGAGUNG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 05-05 Apr a.pdf

Download (496kB) | Preview
Official URL: HTTP:/ WWW.LIB.UNAIR.AC.ID

Abstract

Penjualan CV Cempaka mengalami penurunan selama empat tahun terakhir, demikianjuga dengan kemampuan CV Cempaka mengalami penurunan yang bcrarti. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa pengukuran keuangan saja temyata tidak cukup untuk mcmpertahankan keunggulan bersaing. Untuk itu penelitian ini bermaksud memberikan pengukuran kinerja berupa konsep key success foctors CV. Cempaka sebagai pelengkap laporan kinerja finansial yang dapat memberikan informasi tambahan bagi pihak manajemen dalam melakukan pengendalian kinerja, untuk mempertahankan keunggulan bersaing. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi key success fuctor perusahaan rokok CV. Cempaka dan menerapkan pengukuran kinerja non keuangan untuk membantu perusahaan dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi perusahaan rokok CV. Cempaka. Ruang lingkup penelitian merupakan batasan penelitian yang digunakan karen a kompleksnya realitas yang dihadapi. Batasan yang digunakan dalam penelitian ini adulah scbagai hcrikul: Dulu yang digumlkan mcngenai aklivilns produksi ndnlnh data tahun 1997 sampai dengan tahun 200 I. Selain itu hanya beberapa aspek yang akan dibahas dalam pengukuran kinerja non keuangan dengan menyesuaikan datadata yang berhasil diperoleh dari perusahaan. Alas dasar kerangka kerja Grant, maka key success factors yang dapat diidentifikasi dan dapat lebih dikembangkan dan diperdayakan oleh perusahaan rokok CV. Cempaka yaitu kualitas dan ketersediaan bahan baku dan harga. Penerapa.n ukuran-ukuran kinerja non-finansial untuk mengendalikan aktivitas operasional dalam perusahaall adalah efisiensi, kinerja mesin, efisiensi produktivitas, kualitas pemasok bahan baku, kinerja kualitas, waktu dan customer acceptance. Perusahaan dapat menggunakan ukuran-ukuran kinerja operasional yang disesuaikan dengan kebutuhan operasionalnya. Diharapkan dengan adanya pengukuran ini. perusahaan akan selalu menerapkan upaya perbaikan. Keterkaitan antara penerapan kinerja non finansial atas dasar kcy success factors dalam upaya mempertahankan keunggulan bersaing terletak pada upaya melakukan perbaikan sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan menerapkan ukuran kincrja efisiensi dan ukuran kinerja kualitas. Upaya ini diharapkan mampu mengantisipasi dan mengimbangi pergcrakan faktor ekstemal yang dinamis, sehingga keunggulan yang dimiliki tetap dapat dipertahankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 05/05 Apr a (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Key Success Factors, Non Financial perfonnancc dan Competitive advantage.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WENY APRIDONA, 0499611233EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Nov 2016 17:09
Last Modified: 25 Nov 2016 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item