PENGARUH PEMBERIAN JANGKA PENDEK EKSTRAK AKAR GINSENG JAWA (Talinum triangulare) TERHADAP PROSES PEMULIHAN JARINGAN TESTIS MENCIT YANG DIBERI 2-METHOXYETHANOL

Anis Mucharomah, 089911914 (2004) PENGARUH PEMBERIAN JANGKA PENDEK EKSTRAK AKAR GINSENG JAWA (Talinum triangulare) TERHADAP PROSES PEMULIHAN JARINGAN TESTIS MENCIT YANG DIBERI 2-METHOXYETHANOL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK MPB 22 04 Muc p.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian 2-Methoxyethanol terhadap struktur tubulus seminiferus mencit, mengetahui pengaruh lama waktu setelah pemberian 2-ME dihentikan terhadap pemulihan jaringan testis, serta untuk mengetabui pengaruh pemberian ekstrak akar ginseng jawa terhadap pemulihan jaringan testis mencit setelah diberi 2-ME, Pada penelitian ini, digunakan ekstrak akar ginseng Jawa dengan dosis 3,5 mg I 100 gr BB I hari yang diberikan per oral. Sedangkan untuk 2-ME digunakan dosis 200 mg / kg BB I hari yang diinjeksikan secara intraperitoneal. Hewan coba berupa 30 ekor mencit jantan dewasa berumur 8 -9 rninggu dengan strain BALB Ie, Perlakuan dibagi menjadi 6 kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor mencit. Kelompok-kelompok tersebut terdiri dari : kelompok kontrol, hewan diberi saline per oral; kelompok kontrol negatif, hewan diberi 2-ME selama 3 minggu; kelompok perlakuan, hewan diberi 2-ME selama 3 minggu dan dibiarkan selama 4 dan 5 minggu; kelompok perlakuan, hewan diberi 2-ME selama 3 minggu dan kemudian diberi ekstrak akar ginseng Jawa selama 4 dan 5 minggu. Setelah perlakuan terhadap hewan coba berakhir, masing-masing mencit dibunuh untuk diambil testisnya untuk dibuat preparat histologinya dan dilakukan pengamatan terhadap diameter dan tebal epitel tubulus seminiferus serta jumlah sel-sel spermatogenikSetelah itu, data yang diperoleh masingmasing diuji statistik menggunakan ANOV A satu arab dan dilanjutkan dengan uji BNT. HasH penelitian menunjukkan babwa 2-ME memberikan pengaruh yang negatif terhadap jaringan testis, yaitu degradasi pada selsel dalam jaringan testis, Lama waktu istirahat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses pemulihan jaringan testis. Pemberian ekstrak ginseng berpengaruh sangat signifikan terhadap proses recovery jaringan testis. Dimana pada parameter diameter dan tebal epitel tubulus seminiferus, spermatogonium, spermatosit primer dan spermatid oval, telah nampak beda nyata pada 4 minggu pemberian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 22-04 Muc p Fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Akar ginseng Jawa (Talinum triangulate), spermatogenesis, 2-methoxyethanol
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Anis Mucharomah, 089911914UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dra., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Winarni, Dra. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Nov 2016 16:51
Last Modified: 27 Nov 2016 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item