STUDI PERBANDINGAN BIOSURFAKTAN Pseudomonas aeruginosa IA7d DAN SURFAKTAN SINTETIK Tween-80 DALAM BIODEGRADASI SOLAR OLEH MIKROBA PERAIRAN PELABUHAN T ANJUNG PERAI< SURABAYA

Arif Yachya, 080012097 (2005) STUDI PERBANDINGAN BIOSURFAKTAN Pseudomonas aeruginosa IA7d DAN SURFAKTAN SINTETIK Tween-80 DALAM BIODEGRADASI SOLAR OLEH MIKROBA PERAIRAN PELABUHAN T ANJUNG PERAI< SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK MPB 46 05 Yac s.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan produk kasar biosurfaktan bakteri Pseudomonas aeruginosa IA7d yang dihasilkan dari substrat heksadekana dan solar dalam menunjang aktivitas biodegradasi solar, serta potensinya sebagai pengganti surfaktan sintetik untuk aplikasi remediasi hidrokarbon di lingkungan. Uji biodegradasi dilakukan secara eksperimentai dalam skala laboratorium dengan Tween-80 sebagai surfaktan sintetik pembanding. Kultur pertumbuhan berupa sampel air laut perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan berbagai jenis mikroba di dalamnya. 2 % (w/v) solar dan tiga surfaktan uji dengan nilai tegangan permukaan larutan surfaktan yang seragam, yaitu 54,03 mN/m (0,70 % w/v produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA 7d dari substrat heksadekan; 60,69 % w/v produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA7d dari substrat solar; dan 0,10 % w/v surfaktan sintetik Tween-80) ditambahkan ke dalam 30 ml sampel air laut. Kultur diinkubasi pada suhu kamar (30° C) selama 14 hari dalam shaker incubator berkecepatan 90 rpm. Hasil uji biodegradasi menunjukkan penambahan ketiga surfaktan uji berpengaruh terhadap akselerasi aktivitas biodegradasi solar yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah mikroba (bakteri, yeast, dan kapang) dan berkurangnya kadar solar uji yang ditunjukkan dengan persentase penurunan luas area kromatogram peak-peak utama solar. Penurunan tertinggi sampai terendah berturut-turut dicapai oleh kultur yang mendapat perlakuan penambahan produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA7d dari substrat solar (88,034 %), produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA7d dari substrat heksadekan (80,908 %), kultur yang mendapat perlakuan penambahan surfaktan sintetik Tween-80 (54,732 %). dan kontrol yaitu tanpa penambahan surfaktan uji (0.132 %). Berdasarkan jenis dan karakteristik surfaktan uji, peningkatan jumlah mikroba, persentase penurunan kromatogram peak-peak utama solar masing-masing surfaktan uji, dan harga substrat produksi (solar dan heksadekan) antara kedua produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA7d, diketahui produk kasar biosurfaktan P. aeruginosa IA 7d yang dihasilkan dari substrat solar dengan nilai CMC (606,91 giL), aktivitas emulsifikasi terhadap solar (1,53 %) dan stabilitas emulsi terhadap solar (Kd -0,22) mempunyai kemampuan akselerasi tertinggi terhadap aktivitas biodegradasi solar dan berpotensi sebagai pengganti surfaktan sintetik dalam aplikasi remediasi hidrokarbon di lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC MPB 46-05 Yac s Fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Produk kasar biosurfaktan, Pseudomonas aeruginosa IA 7d, surfaktan sintetik, Tween-80, biodegradasi, solar, mikroba, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Arif Yachya, 080012097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Nov 2016 17:23
Last Modified: 27 Nov 2016 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item