ANALISIS PENGARUH PRODUK PRIVATE LABELS TERHADAP STORE LOYALTY PADA SUPERMARKET DI SURABAYA

RIZKA MILADIAH ERVIANTY, 049916320 (2004) ANALISIS PENGARUH PRODUK PRIVATE LABELS TERHADAP STORE LOYALTY PADA SUPERMARKET DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 130-05 Erv a.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya jumlah ritel yang ada sekarang ini menjadikan konsumen semakin selektif dalam menentukan toko mana yang akan mereka jadikan pilihan sebagai tempat berbelanja. Bagi retailer, hal ini berarti penerapan strategi diferensiasi yang bertujuan untuk membedakan diri dengan para pesaing. Produk private labels merupakan salah satu bentuk strategi diferensiasi produk yang dapat digunakan oleh retailer dalam menghadapi para pesaingnya. Prod uk private labels merupakan produk-produk yang dipasarkan oleh . retailer dengan menggunakan nama retailer/toko tersebut. Jika dikelola dengan baik oleh retailer, produk private labels dapat meningkatkan profitabilitas dan membangun store loyalty. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prod uk private labels yang diukur dengan kualitas dan harga private labels berpengaruh terhadap store loyalty pada supermarket di Surabaya. BHa nantinya diketahui ada pengaruh antara private labels terhadap store loyalty, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman pengunaan strategi diferensiasi produk private labels yang'benar bagi retailer untuk meningkatkan store loyalty pada tokonya. Penelitian ini dilakukan berdasar pada jurnal penelitian yang dilakukan oleh Corstjens dan Lal (2000) yang menyatakan bahwa store loyalty dapat dibangun melalui private labelslstore brands. lumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 200 orang. Penelitian ini mellggunakan model analisis regresi tinier berganda dengan X,= kualitas produk private labels, X2=harga produk private labels, dan Y=store loyalty. Validitas data diukur dengan constuct validity dengan teknik korelasi Pearson Product-Moment. Re!iabilitas data diukur menggunakan teknik Cronbach's alpha. HasH penelitian ini adalah persamaan regresi linear berganda: Y = 0,734 + 0,421 Xl + 0,391 X2HasH uji hipotesis melalui uji F, yaitu F hitung (282,419) > F tabel (3,0418), menolak Ho dan menerima Ha. Variabel kualitas dan harga produk private labels secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap store loyalty. Hasil uji hipotesis melalui uji t, t-hitung X I (12,7351) > t-tabel (l,6525) dan t-hitung X2 (17,447) > t-tabel (1,6525), maka dapat diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Dengan kata lain, variabel kualitas dan variabel harga produk private labels secara parsial maupun secara bersama-sama berpengaruh terhadap store loyalty pada supermarket di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 130/05 Erv a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: HOUSE BRAND, LOYALTY, PRIVATE LABELS, MANAGEMENT, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA MILADIAH ERVIANTY, 049916320UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, Drs., M.Com., DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 28 Nov 2016 01:08
Last Modified: 28 Nov 2016 01:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item