PERUSAHAAN ASING (PMA) STUDI TENTANG PENYERAPAN, DISKRIMINASI DAN EKSPLOITASI TENAGA KERJA LOKAL DI PT. PHILIPS-RALIN ELECTRONICS

DHIAN UTAMI WIDYA RESPATI, 079615115 (2000) PERUSAHAAN ASING (PMA) STUDI TENTANG PENYERAPAN, DISKRIMINASI DAN EKSPLOITASI TENAGA KERJA LOKAL DI PT. PHILIPS-RALIN ELECTRONICS. Skripsi thesis, AIRLANGGA UNIVERSITY.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Fis S.17-01.Res p.pdf

Download (614kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengambil tema mengenai Perusahaan Asing (PMA) khususnya tentang penyerapan, diskriminasi, dan eksploitasi tenaga kerja lokal di PT. Philips Ralin Electronics. Tema tersebut berkaitan dengan masuknya PMA yang mewamai pelaksanaan pembangunan ekonomi di Indonesia, keberadaan PMA diharapkan dapat berperan sebagai pencipta kesempatan kerja baru bagi tenaga kerja Indonesia. Akan tetapi kondisi tenaga kerja sendiri, khususnya apabila ditinjau dari tingkat pendidikan para pekerjanya, sangat rendah. Hal inilah yang menimbulkan beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana kriteria penyerapan tenaga kerja lokal di PT. Philips Ralin Electronics? 2). Apakah terjadi diskriminasi tenaga kerja lokal di PT. Philips Ralin Electronics? 3). Jika terjadi, bagaimana bentuk diskriminasi yang terjadi di PT. Philips Ratin Electronics? 4). Apakah terjadi eksploitasi tenaga kerja lokal di PT. Philips Ralin Electronics? 5). Jika terjadi, bagaimana bentuk eksploitasi yang terjadi di PT. Philips Ratin Electronics? Menurut pemikiran beberapa ahli, penyerapan sangat dipengaruhi oleh produktivitas kerja dari tenaga kerja itu sendiri. Produktivitas sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang dimiliki oleh tenaga kerja, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Hal ini didapat dari gambaran pasar tenaga kerja Indonesia apabila dikaitkan dengan penggunaan teknologi maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fis S 17/01 Res p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PMA; TENAGA KERJA LOKAL
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DHIAN UTAMI WIDYA RESPATI, 079615115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah,, Dra. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 28 Nov 2016 16:20
Last Modified: 28 Nov 2016 16:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item