PRAKTEK SOSIALISASI HAM PADA PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus di SDN Pucang III Sidoarjo)

Lalli Damayanti, 079715503 (2002) PRAKTEK SOSIALISASI HAM PADA PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus di SDN Pucang III Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 17-02 DAM P 079715503.pdf

Download (904kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PRAKTEK SOSIALISASI HAM PADA PENDIDIKAN DASAR (Studi Knsus di SDN Pucang III Sidoarjo) -(Laili Damayanti, 2002, 136 balaman) Penelitian tentang "Praktek Sosialisasi HAM pada Pendidikan Dasar (Stud; Kasus di SDN Pucang III Sidoarjo)" ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan tentang Bagaimanakah praktek sosialisasi IL4.M yang dilaksanakan di Sekolah Dasar, agar sesuai dengan prinsip demokrasi. Hal ini di dasari oleb fakta program percontohan Kurikulum Berbasis Kompetensi (yang memuat materi BAM dalam pelajaran Kewarganegaraan) yang diselenggarakan di Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan gambaran mengenai kebijakan yang menyangkut sosialisasi BAM dalam bidang pendidikan oleb pemerintab Republik Indonesia. (2) Setelab masyarakat luas, dunia akademik serta pibak yang terkait menerima gambaran ini diharapkan dapat mengambil sikap terbadap kebijakan pemerintab jika nantinya kurang sejalan dengan maksud serta tujuan IL4.M yang telab dirumuskan. Dalam melaksanakan penelitian yang besifat deskriptif ini peneliti menggunakan perangkat analisis isi dari kebijakan di bidang pendidikan berdasarkan informasi dari bomepage Depdiknas dan Komnas HAM, dokumen Depdiknas, dokumen Komnas HAM dan dokumen SDN Pucang m Sidoarjo (tempat penelitian dilaksanakan). Serta menggunakan baban-baban kajian dari buku-buku referensi, jumal, dan paper seminar. Sedang dalam menentukan sample penelitian, yakni SDN Pucang m Sda, dengan metode random sampling. Dalam analisis basil penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan pemaparan naratif baik dalam kritik maupun saran berkaitan dengan hasil penelitian. Dari hasil penelusuran informasi ini menunjukkan praktek sosialisasi HAM yang dilaksanakan dalam rangka program percontohan Kurikulum Berbasis Kompetensi menggunakan kerangka materi yang bersifat normatif. Sehingga untuk pembangunan pengetabuan dan pengembangan wawasan akan makna Ham sendiri dirasa kurang optimal. Sebingga penelitian ini menyarankan untnk menyeimbangkan porsi informasi dan penanaman nilai pada knrikulum Sekolah Dasar, khususnya dalam pelajaran-pelajaran non-Kewarganegaraan (llmu Sosial, Geografi dan Sejarah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 17-02 Dam p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: SOSIALISASI HAM; PENDIDIKAN DASAR
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Lalli Damayanti, 079715503UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Nov 2016 16:27
Last Modified: 14 Jun 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item