KARTUN SEBAGAI WACANA POLITIK (STUDI KOMUNIKASI POLITIK TERHADAP KARTUN EDITORIAL OOM PASIKOM DI HARIAN KOMPAS PADA PARUH TERAKHIR ORDE BARU DAN PASCA ORDE BARU)

Nusantara Husnul Khatim Mulkan, 079414331 (2000) KARTUN SEBAGAI WACANA POLITIK (STUDI KOMUNIKASI POLITIK TERHADAP KARTUN EDITORIAL OOM PASIKOM DI HARIAN KOMPAS PADA PARUH TERAKHIR ORDE BARU DAN PASCA ORDE BARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 17-00 MUT K 079414331.pdf

Download (926kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada hakekatnya, gambar adalah bahasa. Malalui gambar, pesan dapat tersampaikan secara slmultan baik dan komunikator maupun komunlkan. Kartun sebagai suatu bantuk komunikasi dalam bentuk gambar, dapat menyampaikan suatu sasial, budaya, dan lain-lain. Kartun yang' . . disebut kartun editorial atau kartun opinL di Indonesia dikenal dengan nama salah sebuah gaya dalsm kartun. Sebagai .' . I dapat menyampaikan pesan atau keinginaft.t'ptJlitis darl'fooi8!lg kartunislerhadap permasalahan yang seClang teJjadi. Benrok pesari ~pertilhi sebanarnYa lebih dekat kepada kolom editorialttajukp~mpalannya~disampaikan lewat bahasa gambar. Karena melakukan kritikan tajam kepada pihak pel'!;lillasil,,~lerlllgl~; batasan-batasan tertentu, baik dan redaksi. Batasan-batasan tersebut model pengungkapan dari kartun ltu sendiri. l'C,etiika; cenderung represif, kartun cenderung halus riAlilm oeJfatJlflai Sebaliknya keUka kebijakan rezim cenderung ....."rI..nmg,cleDul lugas dalam pangungkapan kritiknya. Penelitian ini kartun editorial Oom kartunis ~]~.~~!~~~~~ yang ~ men~lnal!~~.I:I:~~ tanda u-,ti~=:lk:1 Baru sampai S1~=I~',han masa $§J~igtlka. , dapat bagaimana pendekatanSudarta sebagai seorang karfi'ljljis.. !J.'tfit!~lkan wacana politiknya lewat kartunnya. hA~·i'.z pengamatan yang penulis menemukan adsnya fungsi dan Sudarta dalsm karya-karya kartunnya, emotif leblh mendominasi dalam karyakaryanya. Fungsi yang merupakan refleksi dari G.M. Sudarta dalam menyalurksn keinginan polltiknya tersebut bertambah keras keUka pemerintahan Orde Baru berganti. Mel.\luf model kritikannya Inf, G.M. Sudarta telah melakukan saluran komunikasi politik dari bawah ke atas serta dari dan antar anggota masyarakat seperti yang digambarkan oleh Gabriel Almond.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 700-00 Mut k (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KARTUN; POLITIK; KOMUNIKASI
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Nusantara Husnul Khatim Mulkan, 079414331UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Dec 2016 01:46
Last Modified: 14 Jun 2017 23:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item