DITA KARTIKA YUSTISIA, 049816030 (2003) ANALISIS PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SALES MANAGER HOTEL DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
B 161-03 Yus a.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Sales manager merupakan karyawan yang rentan mengalami stres keIja karena pekerjaannya sangat berpengaruh penting terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Sales manager bekeIja pada tekanan target yang ditetapkan oleh perusahaan. Akibatnya akan menjadikan beban tersendiri bagi sales manager sehingga mudah terkena stres yang berpengaruh pada kepuasan kerjanya. Penelitian ini akan membahas apakah stres keIja yang bersumber pada role ambiguity, role conflict, job overload quantitative, job overload qualitative, career progress, dan responsibility for people mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan keIja. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan perhitungan SPSS maka dapat diketahui persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 4,925 -O,104 X1 -O,0602X2 -O,l04X3,0855X4 -O,08X5 -O,0866X6 Berdasarkan basil pembuktian hipotesis pertama menunjukkan bahwa stres keIja yang bersumber pada 6 variabel tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan keIja. Ini dapat dilihat dari nilai probabilitas atau signifikansi F hitung = 0,000 < level ofsignificant 0,05. Dilihat dari nilai probabilitas atau signifikansi t-hitung dari stres keIja yang bersumber pada role ambiguity, role conflict, job overload quantitative, job overload qualitative, career progress, dan responsibility for people yang masing-masing mempunyai nilai sebesar 0,002, 0,048, 0,008, 0,014, 0,037, dan 0,041 yang semuanya lebih kecil dari level of Significant sebesar 0,05, sehingga hipotesis kedua yang menunjukkan bahwa stres kerja yang bersumber pada 6 variabel tersebut secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan keIja terbukti. Variabel role ambiguity mempunyai nilai t-hitung yang paling besar yaitu sebesar 3,267, sehingga hipotesis ketiga yang menunjukkan bahwa role ambiguity merupakan faktor yang dominan mempengaruhi kepuasan keIja terbukti. Pada penelitian ini didapat nilai R2 sebesar 0,785, ini berarti bahwa 78,5% perubahan variabel Y secara bersama-sama disebabkan oleh keenam variabel X, sedangkan sisanya sebesar 21,5% disebabkan variabellain. Manajemen dalam usahanya untuk mempertahankan atau meningkatkan kepuasan keIja sales managernya hams dapat mengurangi dan menekan stres keIja yang ada.
Actions (login required)
View Item |