PENGARUH LIKUIDITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP INVESTASI AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

ANITA RACHMAWATI, 049916284 (2004) PENGARUH LIKUIDITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP INVESTASI AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 162-04 RAC P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi investasi aktiva tetap. lnvestasi aktiva tetap merupakan investasi yang bersifat tahan lama yang digunakan dalam operasi yang biasa dari perusahaan, terdiri dari investasi pada tanah, gedung, mesin, dan perlengkapan. Dalam penelitian ini, investasi aktiva tetap diukur dengan capital expenditure net fixed assets. Faktor-faktor yang mempengaruhi investasi aktiva tetap yang diteliti dalam penelitian ini adalah likuiditas dan growth opportunity. Likuiditas didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan cashflow yang dapat digunakan untuk mendanai investasinya. tennasuk investasi aktiva tetap, sehingga likuiditas diukur dengan cash flow nel fixed assets. Growth opportunity merupakan peluang pertumbuhan perusahaan yang dapat meningkatkan niIai perusahaan di masa yang akan datang. Growth opportunity dalam penelitian ini diukur dengan market-to-book ratio. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2000-2002. Mctode yang digunakan untuk menentukan sampel, yaitu menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan model analisis. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara serentak likuiditas dan growth opportunity mempuoyai pengaruh yang signifikan terhadap investasi aktiva tetap. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap investasi aktiva temp, sedangkan growlh opportumty mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap investasi aktiva tetap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 162/04 Rac p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: INVESTMENT, GROWTH OPPORTUNITY, INVESTATION, STOCK
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ANITA RACHMAWATI, 049916284UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Sudana, Drs., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Nov 2016 22:47
Last Modified: 18 Jun 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47583
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item