PENTINGNYA AKTA KELAHIRAN BAGI ANAK JALANAN DALAM PEMBUKTIAN STATUS ANAK

I GDE YOGA DHARMA YUSA, 039714487 (2004) PENTINGNYA AKTA KELAHIRAN BAGI ANAK JALANAN DALAM PEMBUKTIAN STATUS ANAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PER 01-04 YUS P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap orang hams mempunyai akta kelahiran, dengan tidak dimilikinya akta kelahiran, maka akan mempengaruhi status hukum seseorang, begitu juga halnya dengan anak jalanan. Mereka tidak akan mendapatkan hak-haknya sebagai anak sah walaupun sebenarnya mereka dilahirkan dalam suatu perkawinan yang sah (menurut adat atau agama). Untuk mendapatkan akta kelahiran hams melalui berbagai proses. Bagi anak jalanan dalam kasus ini, mereka harus terlebih dahulu mendaftarkan perkawinan orang tua mereka ke Kantor Catatan Sipil di mana orang tua mereka melangsungkan perkawinannya. Kemudian setelah mendapatkan kutipan akta nikah dari kantor tersebut maka barulah mendaftarkan permohonan akta kelahiran ke kantor yang sarna. Dalam kenyataannya perlu beberapa proses hingga sampai jadinya kutipan akta kelahiran dan sampai ke tangan pemohon. Perlu diketahui juga bahwa walaupun nantinya anak-anak jalanan tersebut mendapatkan akta kelahiran, tetapi hak mereka tidak sarna dengan yang diperoleh anak yang berstatus anak. sah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Per 01-04 Yus p.
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB491 Civil law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
I GDE YOGA DHARMA YUSA, 039714487UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Yudha Hernoko, SH., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 29 Nov 2016 23:36
Last Modified: 18 Jun 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item