CAHYA SUTEJA
(2004)
PENILAIAN KINERJA SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 1000 PADA BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN UNIVERSITAS SURABAYADENGAN MENGGUNAKAN KLAUSUL 8 SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 1000.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini berjudul: Penilaian kinerja sistem manajemen kualitas ISO 900 1:2000 untuk menjamin kesesuaian mutu layanan pada Biro Administrasi Keuangan Universitas Surabaya. Hal ini dikarenakan hingga saat ini pelaksanaan proses pemantauan, pengukuran serta peningkatan kinerja belurn dilakukan khususnya oleh Biro Administrasi Keuangau yang dipakai sebagai pilot project pelaksanaan Klausul 4 Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001:2000 pada Universitas Surabaya. Selain itu juga pada Universitas Surabaya sendiri belum pemah melakukan Klausul 8 dari Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001 :2000 sebagai syarat untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001 :2000. Proses penilaian kinerja ini menggunakan sarana identifikasi kinerja dari tiap fungsi yang terdapat dalam Biro Administrasi Keuangan Universitas Surabaya. Dari identifikasi kinerja tersebut akan didapatkan pemetaan mekanisme proses sistem manajemen kualitas pada Biro Administrasi Keuangan. Atas hasil pemetaan tersebut dilakukan proses penilaian kinerja dengan menggunakan Klausul 8 dari sistem manajemen kualitas ISO 9001:2000.
Setelah diIakukan proses pengukuran kinerja menggunakan Klausul 8 ISO 9001:2000 didapatkan hasil bahwa pelaksanaan Sistem Manajemen Kualitas pada Biro Administrasi Keuangan belum optimal. Artinya beberapa pelaksanaan Klausul 4 ISO 9001:2000 temyata belum memenuhi standar yang telah dipersyaratkan oleh ISO 9001:2000.
Sehingga dari pengukuran kinerja tersebut dapat disusun sebuah modifikasi proses Sistem Manajemen Kualitas dari proses yang selama ini telah berjalan. Selain itu juga dari penelitian ini juga dibahas mengenai sebuah model sederhana pelaksanaan Klausul 8 dari ISO 900 I :2000 yang dapat diterapkan dalam mekanisme proses Sistem Manajemen Kualitas pada Biro Administrasi Keuangan Universitas Surabaya.
Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Klausul 8 ISO 9001 :2000 akan diketahui beberapa fungsi dalam Biro Administrasi Keuangan sendiri yang belum optimal atau bahkan belum dilaksanakan sarna sekali. Selain itu juga hal lain yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah pentingnya pelaksanaan layanan yang berkualitas dari beberapa fungsi yang terdapat di dalam Perguruan Tinggi karena dengan layanan yang berkualitas tersebut akan dapat menambah customer value serta daya saing bagi Perguruan Tinggi itu sendiri.
Item Type: |
Thesis
(Skripsi)
|
Additional Information: |
KKB KK2 A 236 / 04 Sut p
( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA ) |
Uncontrolled Keywords: |
PENILAIAN KINERJA SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 1000 PADA BIRO ADMINISTRASI KEUANGAN UNIVERSITAS SURABAYADENGAN MENGGUNAKAN KLAUSUL 8 SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 1000 |
Subjects: |
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: |
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Creators: |
Creators | NIM |
---|
CAHYA SUTEJA | NIM049923019-E |
|
Contributors: |
Contribution | Name | NIDN / NIDK |
---|
Thesis advisor | SRI ISWATI, Dr.,SE,M.SI.AK. | UNSPECIFIED |
|
Depositing User: |
Dwi Marina
|
Date Deposited: |
01 Dec 2016 16:03 |
Last Modified: |
01 Dec 2016 16:03 |
URI: |
http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47606 |
Sosial Share: |
|
|
|
Actions (login required)
|
View Item |