PENGARUH RASIO KETERGANTUNGAN, PENDAPATAN NASIONAL, TINGKAT BUNGA DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA MASYARAKAT PADA LEMBAGA PERBANKAN DI INDONESIA PERIODE TAHUN 1980-1996

KARIYANTO, 049113965 (1999) PENGARUH RASIO KETERGANTUNGAN, PENDAPATAN NASIONAL, TINGKAT BUNGA DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA MASYARAKAT PADA LEMBAGA PERBANKAN DI INDONESIA PERIODE TAHUN 1980-1996. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 14-00.Kor p.pdf

Download (906kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai salah salu sumberdaya pembangunad, modal memiliki peranan strategis da!am menciptakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kelangsu]lgan dan kesinambungan proses pembangunan. Tersedianya modal yang cukup membutuhkan sumber-sumber pennodaJan yang kWlt dan sarana-sarana pcnunjang yang memadai, dlantaranya lembaga-lcmbaga kcuangan tllrutama bank yang efisien dan modem. Bank-bank tersebut diharapkan mampu untuk mengerahkan dana masyarakat sebesar-besarnya da!am rangka menciptakan Iikuiditns yang cukup bagi proses pembangurum. Di sarnping itu peranan pcmerintah sebagai "policy moIrer" sangat menentukan. Serangkaian kebijaksanaan di bidang moneler dan pcrbankan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menunjang proses pemberdayaan perbankan daJam \ISIIha menghimpun dana masyarakat tersebut. Dimu!ai dengan Pakjun '83, Pakto '88 dan kebijaksanaan-kebijaksanaan lain yang intinya memberikan kele1uasaan kepada perbankan untuk mcngembangkan usahanya namun telap dalam prinsip kehati-hatian. Dalam skripsi lni, digunakan model tabungan yang dikembangkan o!eh U Tun Wai. Variabel-variabel yang digunakan adalah variabel jumlah dana masyarakat yang dihimpun melalui perbankan sebagai variabel terikat dan varill.bel-variabel pendapatan nasional, tingkll.t bunga dan jumlah kantor bank sebagai variabel bebas. Hipotesis pertama yang digunakan dalam skripsi ini adalah bahwa rasio ketergantungan, pcndapatan nasional, tingkat bunga dan j umlah kantor bank berpengaruh sccara nyata terhadap penghimpunan dana masyarakat melalui perbankan. sedangkan hipotesis kedua adalah bahwa raslo ketergantungan berpcngaruh secara negatif terhadap penghimpunan dana mnsyarakat melalui perbankan di Indonesia selama pcriode 1980 -1996 sedang pendapatan nasiona\, tingkat bunga danjumlah kantor bank berpcngaruh secara positif. Dari hasil perbitungan statistik terhadap model analisis yang digunakan maka ditarik kesimpulan bahwa hipotesis pertama dan kedua diterima. Atau ~ngan kata Jain variabel-variabel raslo ketcrgantunga, pcndapatan nasional, tingkat bunga dan jumlah kantor bank mempunyai pengaruh yang nyata terhadap pengbimpunan dana masyarakat melalui perbankan di Indonesia selama periode 1980 -1996. Rasio ketergantungan berpcngaruh negatif (hubungan berlawanan arab) terhadap penghimpunan dana masyarakat melalui perbankan sedangkan pendapatan nasional, tingkat bunga dan jumlah kantof bank berpcngaruh positif (huburigan searah) yang mana areah hubungan tersebut sesuai dengan teori-teori yang telah dikemukakan. Deng-dn demikian. model tabungan U Tun Wai dengan terlcbih dahulu dilakukan proxy dapat digunakan untuk menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peoghimpunan dana masyarakat melalui pcrbankan di Indonesia sclama periode 1980·1996.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 14/00 Kar p
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
KARIYANTO, 049113965UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEDY JUWONO, DRS. MA.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:09
Last Modified: 30 Nov 2016 01:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item