ANALISIS PRlORITAS SEKTOR-8EKTOR EKONOMI DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN REGIONAL PADA SWP I-SWP IX DI JAWA TIMUR

RONGGUR BENYAliIN PARDOMUAN TAMPUBOLON, 049414667 (2000) ANALISIS PRlORITAS SEKTOR-8EKTOR EKONOMI DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN REGIONAL PADA SWP I-SWP IX DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 20-01 Tam a.pdf

Download (907kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Timuf, dalam melaksanakan pembangunan di Jawa Timur mencrapkan kebijaksanaan pembangunan yang salah satunya adalah membagi lawa Timur menjadi 9 Satuan Wilayan Pembangunan (SWP) dengan masing-masing pusat pengembangannya. Hal ini dimaksukan untuk mempemudah koordinasi pelaksanaan dan pengaVv"Rsan pembangunan daerah dan untuk lehih memeratakan pembangunan di seluruh daerah. Namun yang perlu disadari bahwa tiap-tiap SWP memiliki potensi yang bcrbeda baik berupa slimber daya alam, sumbcr daya manusia maupun kondisi geografis, sehingga ada SWP yang memiliki potensi untuk berkembang, berkembang pesat !naupun sebaliknya. Dalam pcnclitian ini digunakan pendekatan national share, proportionality shift dan differential shift. Dari ketiga pendekatan tersebut, dapat di ketahui pendapatan perkapita, pertumbuhan maupun sek1:or-sektor yang J~' empunyai pertumbuhan tinggi maupun yang rendah di tiap SWP. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan pembangunUtI bubn hanya di SWP yang sudah maju, mclainkanjllga pada SWP yang bclum majli. Berdasarkan pendekatan national share, hanya SWP 1 yang memiliki pendapatan perkapita yang tingg; dan laju pertumbuhan yang cepat. SWP VI dan SWP VII memiliki laju pertumbuhan yang ccpal namun pendapatan pcrkapilanya rendah. SWP lainnya memiliki pendapatan perkapita rendah Jan laju pertumbuhan y~ng lambat. Berdasarkan pendekatan prop0l1ionality shift dan differential shift, SWP Tdan SWP VI merupakan SWP dengan pertumbuhan yang pesat, SWP VII merupakan SWP yang mcmpunyai polcnsi. Scdangkan SWP yang scdang bcrkcmbang adalah swp va dan untuk SWP yang lainnya mcrupakan SWP yang mcmpunyai daya saing lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 20/01 Tam a
Uncontrolled Keywords: ECONOMIC DEVELOPMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
RONGGUR BENYAliIN PARDOMUAN TAMPUBOLON, 049414667UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBUSTANI BERACHIM, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:25
Last Modified: 30 Nov 2016 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item