HENDRO DWl WAHYU LAKSONO, 049615197
(2004)
ANALISlS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR
RELATIONAL BENEFITS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
PROGRAM ASURANSI STANDAR PADA AJB BUMIPUTERA 1912
DI YOGYAKARTA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Persaingan dalam industri jasa semakin ketat. berbagai perusahaan jasa, khususnya asuransi dari luar negeri ke Indonesia dan menimbulkan persaingan yang ketat dengan perusahaan asuransi nasional. Strategi untuk memenangkan persaingan salah satunya ialah dengan relationship marketing dengan membangun hubungan jangka panjang dan menciptakan pelanggan loyal. Hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan akan tercipta bila terjadi keuntungan timbal balik diantara kedua belah pihak. Bagi perusahaan, pelanggan loyal berarti kentungan ekonomis yang semakin besar dan lebih mudah mudah diprediksi. Bagi pelangga keuntungan datang dari keuntungan yang berkaitan dengan nilai produksi (product related) dan dari hubungan itu sendiri ( relation benefits). penelitian ini mengungkapkan tentang pengaruh dan relation benefits terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan dalam membeli ulang, mrerekomendasikan produk atau jasa perusahaan, dan mengabarkan alternatif pilihan lain ( produk pesaing).
Menggunakan analisis regresi linier berganda, diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor relational benefits memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalita spelanggan baik secara simultan maupun parsial pada pelanggan program asuransi standar di AJB Bumiputra 1912 di Yogyakarta. Dari simpulan tersebut kemudian diberikan beberapa saran alternatif untuk meningkatkan kualitas hubungan pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |