DINING RETNOWATI
(2004)
PENERAPAN PEMERIKSAAN MANAJEMEN ATAS FUNGSI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT X SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Manajemen andit dapat didefmisikan sebagai snatn pemeriksaan terhadap kegiatan operasi snatn perusahaan termasnk kebijakan aknntansi dan kebijakan operasional yang telah ditentnkan secara standar oleh manajemen dengan tnjnan untnk mengetahni apakah kegiatan operasional atan fungsi tertentn tersebnt telah dilaknkan secara efektif, efisien dan ekonomis. Perbedaan yang prinsip dengan pemeriksaan kenangan adalah terletak pada cara pandang, pemeriksaan manajemen berpandangan ke depan yaitn untnk melihat bagaimana sebaiknya manajemen mencapai tnjnannya dan nntnk melihat kesnlitan operasional sebelnm faktanya terjadi, dibanding cara pandang pemeriksaan kenangan yang melihat setelah faktanya terjadi (historis).
Dalarn perkembangannya lazimnya snatn perusahaan semakin memiliki rentang pengendalian (span of control) yang makin Inas sehingga mengakibatkan top level manajemen tidak dapat secara langsung mengikuti dan mengawasi jalannya operasional perusalman sehingga keterbatasan ini membutnhkan alat bantu untnk melaksanakan pengendalian manajemen. Salah satn wujud dari pelaksanaan pengendalian manajemen adalah dengan cara melaknkan pemeriksaan manajemen karena hasil pemeriksaan berupa temuan audit dan rekomendasi dari auditor dapat dipakai sebagai acuan untnk melakukan tindakan korektif sehingga manajemen dapat meningkatkan pengendaliaanya.
Actions (login required)
|
View Item |