FALIS HADIANZAH, 039914897
(2003)
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ON LINE.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Kegiatan transaksi yang dilakukan secara on line oleh konsumen sepatutnya mendapatkan perlindungan yang optimal. Hak-hak dan kewajiban konsumen sebagaimana dalam Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Pertindungan Konsumen ini bila dikaitkan dengan transaksi secara on line tersebut hanya sebagian yang dapat diterapkan. Lebih-Iebih bila transaksi yang dilakukan tersebut pelaku usaha berada di luar negeri. Disini, hal-hal yang tetah diatur dalam undang-undang tersebut tidak dapat memberikan pertindungan yang menyeluruh kepada konsumen.
Mengenai tanggung gugat pelaku usaha. dalam konteks transaksi on line, konsumen dapat menuntut ganti rugi atas dasar product liability. Ganti rugi ini meskipun tidak diatur secara eksplisit antara konsumen dan pelaku usaha, namun secara otomatis konsumen tetap dapat menuntut haknya, sebagai suatu bentuk implied warranty yang tetah disyaratkan oleh hukum.
Actions (login required)
|
View Item |