STRATEGI INISIATIF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN JASA [STUDI KASUS PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO)]

ARDISA PRIYANI W., 040913044 (2014) STRATEGI INISIATIF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN JASA [STUDI KASUS PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO)]. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 75-14 Ard s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu manfaat kegiatan inisiatif CSR adalah meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Namun, hubungan keduanya masih cenderung lemah karena adanya inisiatif CSR dapat menghalangi usaha perusahaan memaksimalkan profit. Hal tersebut dipicu adanya biaya tambahan yang dikeluarkan untuk memulai dan mendukung kegiatan inisiatif CSR. Tingginya biaya yang dikeluarkan utnuk kepentingan inisiatif CSR berpeluang mengalami kondisi keuangan menjadi tak terkendali. Dengan demikian, setiap perusahaan perlu memiliki strategi sebagai intrumen pengendali keuangannya. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran proses komitmen sekaligus mengetahui strategi inisiatif Corporate Social Responsibility pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dikenal dengan nama PELINDO III, berimplikasi pada peningkatan kinerja keuangannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus atas perencanaan, pelaksanaan, danevaluasiCorporate Social ResponsibilityPELINDO.yang terbatas pada ruang lingkup penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan CSR Pelindo III mencakup empat aspek yang menyentuh level internal organisasi, konsumen, masyarakat, lingkungan alam, dan tata kelola perusahaan. Dengan demikian, terjadinya peningkatan kinerja keuangan Pelindo III melalui inisiatif CSR dipicu oleh unsur komitmen, kepuasan, motivasi, kepercayaan, reputasi, identifikasi, lisensi beroperasi, modal sosial, inovasi, kepatuhan. Sebagai langkah merubah kondisi menjadi lebih ideal, Pelindo III perlu melakukan rekonfigurasi strategi inisiatif CSR pada aspek perencanaan, khususnya pola struktur organisasinya. Dengan demikian, pembentukan biro CSR ke dalam struktur organisasi perusahaan menjadi rekomendasi yang sesuai bagi Pelindo III. Berdirinya biro CSR yang berkedudukan sejajar dengan pejabat struktural dan bertanggung jawab langsung kepada direktur utama dipandang lebih strategis sehingga diharapkan dapat memacu peningkatan kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 75 / 14 Ard s
Uncontrolled Keywords: KINERJA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARDISA PRIYANI W., 040913044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, Drs. H., M.Com(Hons)., Ph.D., Ak., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 10 Mar 2014 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item