PELAYANAN "GREETING SERVICE" DALAM MELAYANI CUSTOMER PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES SURABAYA (STUDY DISKRIPTIF : TENTANG BENTUK PELAYANAN GREETING SERVICE DALAM MELAYANI CUSTOMER PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES DISTRICT SURABAYA

Ratna Koemalasari (2004) PELAYANAN "GREETING SERVICE" DALAM MELAYANI CUSTOMER PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES SURABAYA (STUDY DISKRIPTIF : TENTANG BENTUK PELAYANAN GREETING SERVICE DALAM MELAYANI CUSTOMER PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES DISTRICT SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 43-04 koe-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi dan deregulasi saat ini, sektor perekonomian mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tampil ke depan. Keberadaan sektor pariwisata sebagai salah satu industri jasa layanan yang berkembang pesat saat ini juga dituntut dapat mengembangkan sayapnnya secara global. Sifatnya yang sangat universal tidak hanya menuntut pengelolaan yang bersifat profesional. Persaingan yang sangat tajam terutama dalam bidang transportasi menuntut untuk lebih adanya suatu kualitas jasa yang dapat dijadikan andalan dalam bersaing. Pelayanan jasa transportasi udara sekarang ini sudah bukan lagi merupakan suatu hal yang ekslusif, karena jasa transportasi udara merupakan kebutuhan yang dibutuhkan hampir oleh semua lapisan masyarakat dan menjadikan sebuah bisnis yang menjanjikan dimasa-masa mendatang. Hal ini dibuktikan dengan munculnya airline-airline barn yang ikut meramaikan jalur transportasi udara. Airline merupakan suatu industri yang ikut menunjang kepariwisataan dengan mengutamakan jasa sebagai pendukung industrinya. Dimana pelayanan dan fasilitas transportasi udara adalah produk industri. Munculnya airline-airline yang baru tersebut ikut mempertajam persaingan di industri ini. Banyak cara yang ditempuh untuk tetap survive atau memenangkan persaingan tersebut, disamping harga, ketepatan waktu, promosi, layanan greeting service juga menetapkan fungsi dan arti pelayanan itu sendiri yang harus tetap dijaga dalam semua perusahaan jasa termasuk airline. Greeting service adalah suatu produk yang diberikan oleh airline untuk menciptakan kenyamanan bagi penumpang pada saat reservasi sampai dengan penumpang naik pesawat, sehingga ketidak tahuan penumpang tentang informasi mengenai aturan-aturan dunia penerbangan bisa teratasi dengan hadimya greeting service ini. Petugas greeting service merupakan wakil-wakil perusahaan untuk menampilkan sosok perusahaan secara keseluruhan. Memberikan informasi kepada penumpang ten tang segal a informasi yang dibutuhkan oleh penumpang, Petugas greeting service juga dietapkan untuk menangani penumpang-penumpang khusus, misalnya : penumpang yang membutuhkan kursi roda, penumpang anakanak tanpa pengantar, penumpang VIP, CIP dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.43/04 Koe p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: jasa layanan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT5220-5286 Customs relative to transportation and travel
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Ratna KoemalasariNIM070010679-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 16:38
Last Modified: 14 Dec 2016 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47873
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item