PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGATASI KENDALA PROSES PRODUKSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN THROUGHPUT PADA PT. "X" DI TUBAN

JUNIARTY MIRZA, 040011897E (2002) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGATASI KENDALA PROSES PRODUKSI DALAM RANGKA MENINGKATKAN THROUGHPUT PADA PT. "X" DI TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 45-03 Mir p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap badan usaha dalam mencapai tujuannya dan melaksanakan kegiatan operasionalnya dibatasi oleh kendala (bottleneck). Kendala merupakan sesuatu yang akan membatasi pula badan usaha dalam meningkatkan throughput-nya. Di dalam badan usaha terdapat dua macam kendala, baik kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal misalnya dalam proses produksi karena keterbatasan sumber daya yang harus dikendalikan dengan upaya mengelola kendala tersebut dengan baik. Sedangkan kendala eksternal misalnya karena tingkat permintaan konsumen yang tidak dapat diprediksikan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi dan mengatasi kendala adalah Theory of Constraints (TOC). TOC merupakan suatu filosofi manajemen yang menekankan pada usaha perbaikan terus-menerus (Continuous Improvement) yang dipusatkan pada pencapaian throughput, yang diiringi dengan minimasi tingkat persediaan (inventory) dan minimasi biaya operasi (operating expenses), sehingga tujuan badan usaha dapat tercapai. Filosofi ini yang mendasari badan usaha harus mengambil tindakan untuk mengeksploitasi kendala yang ada dalam badan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 45-03 Mir p
Uncontrolled Keywords: THEORY OF CONSTRAINTS; PRODUKSI; THROUGHPUT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
JUNIARTY MIRZA, 040011897EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN AGUSTIA, Drs., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Dec 2016 18:17
Last Modified: 01 Dec 2016 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item