DJOKO SATMOKO
(1995)
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAK DOMESTIK BOTOL GELAS HIJAU SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN DI PT. IGLAS (PERSERO).
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi penjualan domestik botol gelas hijau PT. Iglas (persero).
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini terdiri atas "time series" dan “cross section" dari 5 wilayah pemasaran yang digabungkan selama tahun 1989-1994. Data tersebut diperoleh dan PT. Iglas (persero).
Analisis data menggunakan program Microstat dan regresi dilakukan atas fungsi permintaan yang meliputi dua persamaan yaitu fungsi linear ganda dan Cobb-Douglas, selanjutnya setelah dari kedua persamaan didapat model yang memenuhi syarat untuk dipakai memprediksi fungsi permintaan maka dilakukan penelitian diantara kedua model, dipilih satu yang terbaik diantara keduanya dan dipakai untuk memprediksi variabel-variabel yang diteliti.
Variabel yang digunakan pada dua model diatas adalah volume penjualan domestik Botol Gelas Hijau sebagai variabel tergantung (dependent variable), dan variasi produk, lamanya penarikan piutang, harga jual, kualitas prod uk dan jumlah kontak penjualan sebagai variabel bebas (independent variable).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dan kelima variabel yang diperkirakan mempengaruhi volume penjualan Botol Gelas Hijau ternyata harga jual, variasi produk, lamanya penarikan piutang dan kualitas produk terbukti nyata mempunyai pengaruh yang signifikan. Sedang variabel bebas jumlah kontak penjualan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan. Akhirnya dengan temuan ini diharapkan dapat merupakan masukan yang berrnanfaat bagi manajemen PT. Iglas (persero) di dalam menyusun rancangan Strategi Pemasaran Botol Gelas Hijau yang efisien dan efektif serta bermanfaat pula bagi peneliti selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |