PENGUKURAN INDEKS BIAS ZAT CAIR MENGGUNAKAN METODE REFRAKTOMETER PLAT KACA SEJAJAR

R.B Syuiful Bahri, 089311133 (2000) PENGUKURAN INDEKS BIAS ZAT CAIR MENGGUNAKAN METODE REFRAKTOMETER PLAT KACA SEJAJAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPF 24-00 BAH P.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

SeJama ini pengukuran indeks bias zat cair biasanya dilakukan dengan refraktometer Abbe. Sistem alat ini memanfaatkan "total internal reflection" yang terjadi pada bidang batas antsra cairan dan udara. Dalam penelitian ini dibahas suatu sistem pengukuran indeks bias zat cair dengan cara lain yakni dengan cara memanfaatkan perubahan panjang titik fokus yang ditimbulkan oleh pembiasan cahaya, karena indeks bias yang berada dalam kotak kaca yang sejajar. Alat ini disebut "Refraktometer Plat Kaca Sejajar" yang terdiri dari plat kaca dengan permukaannya sejajar berupa kotak empat persegi panjang, dan sebagai sumber cahaya digunakan sinar laser He Ne. Sebagai sensor adalah detektor foto sci yang dihubungkan dengan multimeter digital, berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya yang paling maksimum dari titik fokus sebelurn dan sesudah zat cair dimasukkan kedalam kotak kaca, kemudian diukur jarak perubahan titik fokusnya dengan mikrometer sekrup. Data yang diperoleh di anal isis dengan memasukkan pada rumus yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
R.B Syuiful Bahri, 089311133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh.Yasin, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 Dec 2016 01:08
Last Modified: 20 Jun 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item