EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENGHASILKAN INFORMASI YANG EFEKTIF PADA DEPARTEMEN PEMASARAN PT KlMIA FARMA CABANG RUNGKUT INDUSTRI JAWA TIMUR

LOKESYWARA SETYO PURBOKO, 049936658 (2004) EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENGHASILKAN INFORMASI YANG EFEKTIF PADA DEPARTEMEN PEMASARAN PT KlMIA FARMA CABANG RUNGKUT INDUSTRI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 191-04 Pur e.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menjalankan operasional bisnis, manajemen membutuhkan informasi yang dapat menunjang seluruh aktifitas dalam melakukan kegiatan manajerial. Marketing Information System merupakan bagian dari Business Information System yang sangat vital, karena marketing merupakan ujung tombak pemsahaan dalam mengbasilkan laba. Melalui Marketing Information System yang diterapkan, dibarapkan menghasilkan output yang efektif bagi user untuk menjalankan aktifitas operasinal. Dalam rangka menghasilkan infonnasi yang efektif diperlukan sistem infonnasi yang efektif. Untuk menilai efektifitas tersebut diperlukan suatu evaluasi (post implementation review) terhadap sistem yang beIjalan. Dalam menentukan efektifitas infonnasi pada Departemen Pemasaran PT. Kimia Fanna Cabang Rungkut Indusri Jawa Timur, Digunakan pegukuran yang dikemukakan oleh lB. Heckert (1995:551) yaitu karakteristik infonnasi bagi manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengendalian dan Information Quality yang dikemukakan Ron Weber (1999:893), Sedangkan pegukuran yang digunakan untuk menilai efektifitas Marrketing Information System dalam Perseroan antara lain; evaluating system quality, perceived usefulness, perc~ived ease ofuse, computer selfefficacy, information system use, individual impact dan system satisfaction. Dan untuk menilai efektifitas sistem dalam penelitian digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case Study). Adapun jenis pengumpulan data yang dilakukan melalui survey ke perusahaan, kuesioner dan studi pustaka. Dari hasil penelitian diketahui bahwa informasi yang diperoleh user sangat memadai untuk menjalankan aktifitas pemasaran, disamping itu system quality, perceived usefulness, perceived ease of use, computer self efficacy, information system use, individual impact dan system satisfaction dalam Departemen Pemasaran PT. Kimia Farma Cabang Rungkut Indusri lawa Timur memadai, sehingga dikatakan bahwa lnfonnasi yang dihasilkan MKIS efektif demikian juga MKIS efektif. Namun dalam beberapa hal yang harns ditingkatkan dalam rangka mencapai kinerja yang optimal antara lain tersedianya fasilitas komunikasi yang menunjang antara MSR dan ASM, penyederhanaan display infonnasi, dan help facility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
LOKESYWARA SETYO PURBOKO, 049936658UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 04 Dec 2016 16:10
Last Modified: 04 Dec 2016 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48032
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item