PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA PILGRIM (Studi Deskriptif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Fasilitas itu Wisata Petilasan Sunan Kalijaga di Surowiti Kabupaten Gresik)

Ari Mahfudhi (2004) PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA PILGRIM (Studi Deskriptif Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Fasilitas itu Wisata Petilasan Sunan Kalijaga di Surowiti Kabupaten Gresik). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 46-04 mah p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki alam dan budaya yang eksotik yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Wilayah Tujuan Wisata yang tersebar masih banyak menyimpan tempat-tempat potensi wisata. Jawa Timur adalah salah satu contoh daerah yang masih banyak menyimpan tempat wisata berpotensi. Banyak daerah yang memiliki potensi-potensi wisata yang belum bisa dikembangkan dengan baik. Kepedulian semua pihak mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat terhadap wilayah yang berpotensi adalah menjadi tanggung jawab bersama. Keseriusan semua pihak dapat tercermin dari segala peran yang dilakukan demi menggali potensi yang lebih dalam untuk dapat dikembangkan dengan baik. Obyek wisata pilgrim merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat, terutama masyarakat Jawa. Pengembangan suatu obyek wisata khususnya wisata pilgrim dinilai sangatlah lamban. Adanya suatu potensi wisata khususnya wisata pilgrim yang belum dikembangkan membuat masyarkat yang merasa memiliki untuk ikut peduli terhadap pengembangan di daerahnya. Adanya kepercayaan terhadap kekuatan yang lebih besar dari manusia menyebabkan manusia tersebut mencari tempat yang dianggap bertuah. Desa Surowoti adalah salah satu contoh sebuah desa yang memiliki potensi wisata pilgrim. Lambatnya pengembangan untuk Surowiti tersebut membuat masyarakat desa mengambil sikap untuk segera membangun Surowiti dengan segala kemampuan yang dimiliki baik pikiran, tenaga dan materi. Dengan adanya upaya yang dilakukan masyarakat Surowiti, penulis ingin menggali semua informasi dari pihak-pihak yang terkait tentang segala upaya langkah-Iangkah dalam mengembangkan Surowiti beserta rencana kedepan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif maka diharapkan dapat menemukan, dan mengembangkan jawaban terhadap suatu permasalahan dalam penelitian Inl.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.46/04 Mah p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: fasilitas wisata
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q164 Recreations, Home Experiments, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Ari MahfudhiNIM070010736-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 04 Dec 2016 16:54
Last Modified: 14 Dec 2016 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item