ANDRY SYAMKAR MERIANJAYA, 049515001
(2004)
PENGARUH KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SISTEM INFORMASI PADA PT TELKOM TBK.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Belakangan ini informasi semakin memegang peranan penting dalam persaingan, yang pada akhimya memaksa pelaku bisnis untuk selalu berusaha mendapatkan infonnasi lebih dini sebagai salah satu jalan untuk bertahan dalam ketatnya persaingan. Pemakaian suatu sistem infonnasi yang handal dalam organisasi perlu dikembangkan dan dilaksanakan agar diperoleh suatu data informasi yang berkualitas sesuai dengan prinsip tepat waktu, tepat guna dan dapat dipercaya. Dengan adanya infonnasi yang handaI, akan dapat memberikan dukungan terhadap keberhasilan strategi persaingan bisnis yang akhimya akan memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Hal ini dapat dicapai dengan digunakannya komputer sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan infonnasi yang akurat, cepat, tepat dan relevan sehingga dapat membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan dan mengendalikan usahanya agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Berdasarkan pemikiran tersebut maka dilakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas infonnasi (keakuratan, ketepatan dan relevansi) terhadap kepuasan pengguna sistem infonnasi pada PT. Telkom Tbk.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi tinier berganda dengan didahului pengujian kualitas data dengan menggunakim uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner.
Dari hasil analisis dan. pembahasan diperoleh hasil bahwa terdap~t pengaruh simultan dari kualitas infonnasi antara keakuratan, ketepatan dan relevansi terhadap kepuasan bagi pihak pengguna sistem informasi, yang terbukti dengan niIai.F hitung 68,857 yang lebih besar dari F tabel 2,79. Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,793 atau 79,3% yang menunjukkan bahwa, pengaruh ketiga variabel bebas yaitu keakuratan (Xl)' ketepatan (X2) dan relevansi (X3) terhadap perubahan kepuasan pengguna (Y), adalah sebesar 79,3%, sedangkan sisanya 20,7% adalah dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain di luar penelitian ini. Sedangkan secara parsial variabel keakuratan (Xl) berpengaruh secara nyata dan positif terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,046> 2,009, variabel ketepatan (X2) berpengaruh secara nyata dan positif terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t hitung Iebih besar dari t tabel yaitu 4,427 > 2,009, variabel relevansi (X3)berpengaruh secara nyata dan positif terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,233 > 2,009. Jadi dari hasil analisis dan uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang nyata antara kualitas informasi yang terdiri dari indikator-indikator : keakuratan, ketepatan dan relevansi dalam sistem infonnasi dengan kepuasan para penggunanya. Det)gan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti telah teruji kebenarannya.
Actions (login required)
|
View Item |