KARTUN PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN DALAM MAJALAH TEMPO (Studi Semiotik Tentang Kartun yang Bertemakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2004 dalam Rubrik Kartun pada Majalah Tempo edisi April -Mei 2004)

Subiyanto, 079815798 (2004) KARTUN PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN DALAM MAJALAH TEMPO (Studi Semiotik Tentang Kartun yang Bertemakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2004 dalam Rubrik Kartun pada Majalah Tempo edisi April -Mei 2004). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk Fis k 04.05 Sub k.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kartun sebagai media komunikasi penyalur Kritik sosial sudah seiak lama dikenaL Kehadirannya merupakan salah satu perwujudan manusia sebagai homo ludens (makhluk bermain) yang dapat bermain dengan segaja sesuatu yang ada di sekitarnya, termasuk dengar bahasa yang merupakan sarana komunikasi verbalnya, Tidak ubannya dengan bentuk permainan bahasa yang lain, seperti teka-teki. dongeng-dongeng jenaka, etimologi rakyat, dan sebagainya wacara kertun memiliki peranan central sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma sosial tidak disimpangkan sehingga kelangsungan hidup masyarakat dapat dipertahankan Permaman bahasa dan F.lga gambar kartun memberika:: nuansa lain oan cencJerung memnenkan muatan tertentu yang elegar:. tajam. dan mwcah d;mengertL Tanpa harU$ langsung memblcarakan objek persoaian, pesert dengar: muoah dlmenge'1i Celoteh kata~kata yang olben gambar terkadang terkesan fwcu, pjrltar dan bahkan mer:ghlb:Jr, mampu membenkar: kosar: tertentu terhadap cbJek Namun, tidal<; se!amanya seorang kartun:s berhasi! menyamaK3n persepsI kha!ayak sesue: de:lgan k€:lnglnannya. La:knya pemahaman terrladap pena;'1da~penanda, sirr.bol~ s:mboL atauplln !Kon~lkon yang berserakan di sekltar klta, pemahaman terhaoap suatu kartun Juga bjsa beragam. Of $lni dlper!L'kan wawasan seseorang unt...:k memahami apa yang cHgambarkan oleh kartunls dan me!Jr:a! ko;;teks dan kariun it!..! sendlri Saran sat:..! dan seklan banyak media cetak dl Indones'a yang rneffillikj rubnk kartun ada1ah ma]a1ah TEMPO. Salah satu pe;istrwa poiitik yapg diangkat dalam kartun oa!am rr.aja!ah THtiPO ada!ah Pemlfinan Um:Jm 2004, yang sekarang olbag! menJadi tlga tarap, yaitu pem:!u !egislatif. pemilihal'1 preslden dan wak,! presiden, sena oemllu tanap 3 blla pe:lll!u tahap dt..;a bej~m memneUf'll kuota Da!am penelitian ini yang ditelrti aoa:ah Pemilihan Preslden dan Wakil P:-esiden 2004, I<arena s.ekarang prosedur peminhan presidsn telah beruoah, dr mana rakyat yang memi~ih presioe;,r,ya se~ra langsung Metode peneitian ini adalan kualitatif dengan tipe deskriptif dengan menggunakan anailsis semiotik untuk mengetahui bagaimanakah makna kartun yang bertemakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2004 pada rubrik Kartun pada Majalah TEMPO periode April Mei 2004, di mana selama periode tersebut ada lima buah kartun yang oleh peneliti dianggap mengandung tema tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK- FIS K 04-05 SUB K
Uncontrolled Keywords: KARTUN
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Subiyanto, 079815798UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs.. MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Dec 2016 21:06
Last Modified: 05 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48442
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item