DJOKO SETIAWAN
(2004)
INTERFERENSI BAHASA DALAM ADLIB IKLAN di RADIO "Anak Muda" DJFM.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pada dasarnya iklan radio bertujuan untuk menawarkan suatu produk atau jasa, tetapi ada beberapa iklan radio yang memang banya mengingatkan keberadaan produk yang telah ada sebelumnya.
Bahasa adalah unsur yang paling penting dalam ildan radio, oleh karena itu bahasa yang digunakan pun hams disesuaikan dengan segmentasi radio tersebut seperti di radio DJFM Mengingat radio ini bersegmentasi para remaja maka bahasa yang digunakan adalah bahasa khas anak-anak muda yang bersifat informal dan banyak terjadt mtertereosl bahasa. lnterterensl adaiail penyimpangan norma babasa yang teljadi dalam tuturan dwibabasawan akibat pengenalannya terhadap lebih dan satu babasa. Dalam Adlib iklan pada radio yang bersegmentasi remaja, hampir 100% telab terjadi interferensi bahasa. Penggunaan babasa im kadang-kadang tercampur oleh unsur-unsur kata dan bahasa lain seperti bahasa lnggris, babasa daeralt, atau bahasa yang memang sengaja diciptakan oleh komunitas anak muda itu sendiri atau yang lebih kita kenai dengan babasa gaul. Beberapa dan bahasa-babasa itu memang menyalahi kaidah bahasa sebenarnya namun karena sering diucapkan sehingga menjadi akrab di telinga dan para remaja itu pun lebih bisa memabami atau menerima bahasa-balu,tsa tersebut. Disamping itu, penggunaan babasa khas anak-anak muda ini lebih bisa menciptakan suam kondisi atau suasana yang ramah dan tidak kaku sehingga pesan dan iklan yang disampaikan dapat diterima.
Actions (login required)
|
View Item |