NI PUTU RAMAYANTI JANUARDINI, 039514112
(1999)
PERLINDUNGAN KONSUMEN
JASA PAKETPOS DALAM NEGERI.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Ada duamacam hubungan hukum yang beroeda yang disesuaikan dengan petjanjian yang dibual antara PT Pos lndonesia dan konsumelwya. Dna kelI1UlJ8kinan petjanjian yang tetjadi antara PT POB lndonesia dengan konsumen dalam hal peogiriman paket, yaitu : perjlllli ian pengan,gkutan alan pedlllliian pemberioo kuasa. Perjanjian pengangkutan terjadi apabila pengiriman paket dilakukan melalui daral dan menuju ke kota-kota tertentu saja. Karena untuk anslmtan darat yang mellllju ke kota-kota tertentu, PT Pos lndonesia mempunyai angkutan sendiri. OJ sini PT Pos Indonesia bcrkedudukan sebagai pengangkut. Sehingga perjanjian yang tetjadi antara PT Pos Indonesia dan kO!lSlunen yang mengirim paketnya melalui angkutan darat yang menuju ke kota-kota tertentu adalah perjanjian pengangkutan. Kemuugkiu3n perjanjian lain yang nllmeul adalah perjanjian pemberian kuasa. Perjanjian iui terjadi apabila paket dikirim melalui udara alau laut alau darat untuk tnjmm kota-kota di mana PT Pos Indonesia tidak punya angkutan sendiri. Oi sini PT Pos Indonesia menggunakan jasa perusahaan angkutan lain untuk menganglcnt paketpaket tersebut Ice kota-kota tujuWl. PerjWlj ian ini terjadi j ika ada kesepakatan antara pihak PT Pos Indonesia dengan konsumen.
Actions (login required)
|
View Item |