PENILAIAN K1NERJA ORGANISASI NIRLABA BERDASARKAN PSAK NO. 45 MENGENAI PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi kasus pada Vayasan Daoa Sosial AI-Falah SUfabaya)

RITA DAMAYANTY, 040016806 (2004) PENILAIAN K1NERJA ORGANISASI NIRLABA BERDASARKAN PSAK NO. 45 MENGENAI PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi kasus pada Vayasan Daoa Sosial AI-Falah SUfabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 273-04 DAN P-EDT.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tuntutan akan akuntabilitas publik rnenyebabkan penyarnpaian laporan keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan menjadi lebih penting, tidak hanya untuk organisasi yang berorielltasi laba narnun juga orgllnisasi nirlabll. Untuk keseragaman praktik akuntansi, maka penerapan PSAK No. 45 mengenai Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba diperlukan tidak hanya untuk penyusunan laporan keuangan saja tetapi juga untuk penilaian kinerjll organisasi. Informasi mengenai kinelja ini yang nantinya akan digunakan oleh berbagai pihak dengan berbagai keperluan. Penelitian ini rnengguaakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif dengan objek penelitian yaitu Yayasan Dana Sosial AI-Falah. Data yang dipergunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif untuk periode 1999-2002 dengan PSAK No. 45 sebagai standar pelaporan dan alat evaluasi kinerja organisasi. Tujuan daTi penelitian ini adalah untuk memberikan informasi bagaimana PSAK No. 45 dipergunakan sebagai standar dalarn penyusunan laoran keuangan dan dasar untuk penilaian kinerjll organisasi. Unsur pokok dalarn evaluasi kinerjll adalah pemeliharaan dan pengarnanan surnber daya organisasi serta efektivitas dan efisiensi pemakaian surnber daya tersebut. Informasi untuk rnenilai kinelja diperoleh dari laporan keuangan yang telah disusun berdasarkan PSAK No. 45. Penggunaan ketiga jenis laporan keuangan akan rnenghasilkan pengukuran yang lebih akurat dan pada akhirnya akan rnenghasilkan informasi rnengenai kinelja yang lebih lengkap. EvaIuasi kinerja YDSF memperlihatkan kineJja yang rneningkat tiap tahunnya, hal tersebut memberikan jarninan pada para resources provider bawa YDSF merniliki kernampuan yang cukup untuk rnernelihara serta menjaga kekonsistenan pemberianjasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 273/04 Dan p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RITA DAMAYANTY, 040016806UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Muslich Anshori,, Dr.H MSc, SE, AKUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:37
Last Modified: 13 Jun 2017 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item