MANFAAT PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDT KASlTS PADA PT. ECCO DI SIDOARJO)

ARI SILVANI, 049916485 (2004) MANFAAT PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (STUDT KASlTS PADA PT. ECCO DI SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 254-04 Sil m.pdf

Download (510kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. EeCO Indonesia (PTEI) adaJab sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri penyamakan kualit (tannery) dan pembuatan kap sepatu (upper). Saat ini PTEI belum menyusun laporan biaya kualitasnya secara terpisah, sehingga pengendalian terhadap biaya kualitas yang telah dikeluarkan belum dapat dilakukan secara optimal. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proporsi biaya kualitas PTEI dan mengetabui bagaimana implikasi pelaporan dan pengendalian biaya kualitas terhadap profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan obyek penelitian pada biaya kualitas upper PTEI tabun 2001-2003. Dari data yang diperoleh disusun laporan biaya kualitas yang terdiri dari Laporan Biaya Kualitas Berdasarkan Penjualan Aktual, Laporan Biaya Kualitas Berdasarkan Tren 1 Tabun dan Laporan Biaya Kualitas Berdasarkan. Tren Multiperiode serta proporsi biaya kualitas PTEI tahun 2001-2003. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa proporsi biaya kegagalan PTEI selama tabun 2001-2003 mengkonsumsi hampir seluruh biaya kualitas yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, yaitu sebesar 98,8927%. Hal ini disebabkan karena rendahnya proporsi biaya yang didistribusikan pada kegiatan pengendalian, yang hanya sekitar 1,1073%. Penulisan ini memberikangambaran dan informasi mengenai proporsi biaya kualitas PTEI dan perkembangan biaya kualitas yang telah dikeluarkan selama tabun 2001-2003 sehingga perusahaan dapat melakukan pengendalian terhadap kualitas produk serta biaya-biaya yang terlibat didalamnya dan tujuan perusahaan dalam memuaskan kebutuhan pelanggan serta meningkatkan profitabilitas diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 254-04 Sil m ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: biaya kualitas, pengendalian, profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARI SILVANI, 049916485UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. SUYUNUS, MAFIS, Drs. . AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2016 17:29
Last Modified: 09 Dec 2016 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item