BETTY ENDAHWARNI, 090014020 M
(2004)
UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN RAWAT JALAN
BERDASARKAN ANALISIS KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT
DI PUSKESMAS BRAMBANG KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG.
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Mei 2003 di wi1ayah kerja Puskesmas Brambang Kabupaten Jombang, berupa penelitian observasional dengan jendela pelanggan. Sumber informasi adalah masyarakat yang ada di wilayah ketja Puskesmas Brambang. Total sampel258 responden dari . 9 desa wilayah ketja Puskesmas Brambang, yang terdiri masyarakat yang pernah memperoleh pelayanan di Puskesmas dengan masyarakat yang tidak pernah memperoleh pelayanan di Puskesmas Brambang masing-masing 129 responden, pemilihan sampel diambil secara acak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan harapan masyarakat dengan alat Jendela pelanggan didapatkan beberapa pelayanan yang masuk posisi Attention, yaitu kebutuhan tenaga medis di poli umum dan harapan terhadap waktu pelayanan, jenis pelayanan, tenaga medis di poli umum, yang masuk posisi Bravo untuk kebutuhan adalah jenis pelayanan, tenaga paramedis di poli umum, poli KIA dan KB, untuk harapan adalah waktu pelayanan, lama pelayanan, jenis pelayanan, tempat pelayanan, tarif pelayanan, kelengkapan obat, tenaga pelayanan. sedangkan yang masuk posisi Don '{ worry be happy untuk kebutuhan adalah dokter spesialis gigi.
Actions (login required)
|
View Item |