DAMPAK PENGIMPLEMENTASIAN PERJANJIAN GATT/WHO TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR EKSPOR INDONESIA PERlODE 1980-2000

SOFYAN TSAURI ANDI, NIM.: 049715817 (2004) DAMPAK PENGIMPLEMENTASIAN PERJANJIAN GATT/WHO TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR EKSPOR INDONESIA PERlODE 1980-2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 24-04 AND D.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perdagangan di dunia dari tahun ke tahun mengalami perubahan pola menuju arah liberalisasi. Hal-hal yang menghambat laju perdagangan dunia nanti pada akhirnya akan hilang. Keadaan inilah yang mendorong banyak negara di dunia, termasuk Indonesia untuk mempersiapkan sumber daya yang dimiliki agar mampu meraih pangsa pasar yang tersedia. Persaingan perdagangan yang sehat diantara banyak negara di dunia dengan lembaga intemasional (GATT/WTO) sebagai wasitnya diharapkan seimbang atau proporsional melalui implementasi rekomendasinya. Dalam penelitian ini akan dipaparkan secara deskriptif mengenai dampak implementasi rekomendasi GATT/WTO terhadap perdagangan internasional Indonesia melalui perubahan struktur ekspornya. Melalui fakta-fakta yang terdapat pada data-data di lapangan diharapkan dapat mengetahui dampak tersebut baik secara eksplisit maupun implisit. Data yang digunakan merupakan data time series antara tahun 1980 -2000. Dari hasil analisis yang telah dilakukan terdapat tiga hal yang menarik untuk diperdebatkan berkaitan dengan dampak implementasi rekomendasi GATT/WTO terhadap perubahan struktur ekspor Indonesia yakni penurunan hambatan tarif dan nontanf, penyempurnaan beberapa implementasi rekomendasi GATT/WTO, serta isu baru tentang perdagangan yang berkaitan dengan tolok ukur investasi (TRIMs) dan tolok ukur hak milik intelektual (TRIPs). Melalui interpretasi penulis dapat diketahui bahwa penurunan hambatan perdagangan internasional yang diberlakukan pada banyak negara termasuk Indonesia masih mempunyai berbagai kelemahan dan mengandung tindakan diskriminatif sehingga Indonesia kurang diuntungkan dengan kondisi terebut. Hal ini kurang sesuai dengan teori mengenai keuntungan dari perdagangan yang menyebutkan bahwa suatu negara dapat memperoleh keuntungan yang lebih optimal dengan perluasan pasar melalui penurunan hambatan perdagangan internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 24/ 04 And d
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K524-525 Treaties and other international agreements
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
SOFYAN TSAURI ANDI, NIM.: 049715817UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEva Kusuma S., Dra.Ec., M.A., M.D.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Dec 2016 18:50
Last Modified: 12 Dec 2016 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item