KINERJA PERAWAT PADA UNIT BP PUSKESMAS DI KABUPATEN LUMAJANG (Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Pemberian Pelayanan)

WAHYU WULANDARI, 09021458 L (2004) KINERJA PERAWAT PADA UNIT BP PUSKESMAS DI KABUPATEN LUMAJANG (Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Pemberian Pelayanan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK TKA 21-05 WUL K.pdf

Download (398kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Perawat merupakan hni terdepan dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas khususnya pada unit Balai Pengobatan (BP) dalam pemberian pelayanan keperawatan rawat jalan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pasien. Untuk.meningkatkan mutu asuhan keperawatan maka perawat hams mempunyai kinerja yang baik. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerja perawat dalam pemberian pelayanan pada unit BP Puskesmas di Kabupaten Lumajang.Pada penelitian ini faktor yang diteliti adalah motivasi (tingkat motivasi dan motivator), dan komitmen organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah perawat pada unit BP Puskesmas di Kabupaten Lumajang sebanyak 24 orang yang diambil secara stratified random sampling yang dilakukan mulai bulan Maret -Juni 2004. Pengukuran data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui motivasi (tingkat motivasi dan motivator), dan komitmen organisasi (komitmen identifikasi dan komitmen intemalisasi). Untuk mengetahui kinerja perawat digunakan pengukuran pada pasien yang telah merasakan pelayanan perawat di unit BP Puskesmas sebanyak 96 responden, tiap sampel perawat mendapat penilaian dari 4 orang responden. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan regresi ordinal (a=0,05) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang bennakna antara tingkat motivasi terhadap komitmen (p=0,001). Ada pengaruh yang bennakna pula antara motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap kinerja dalam pemberian pelayanan di unit BP Puskesmas (p=O,001). Gaji merupakan prioritas pertama yang diharapkan oleh perawat untuk memotivasi dalam bekerja sedangkan prioritas kedua adalah pendidikan. Dari hasil penelitian tersebut kemudian dilakukan focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pihak Dinas Kesehatan untuk menyusun suatu rekomendasi peningkatan kinerja perawat dalam pemberian pelayanan di unit BP Puskesmas. Adapun rekomendasi yang dihasilkan adalah sebagai berikut: 1) Perlunya peningkatan kesejahteraan karyawan yang dapat dilakukan melalui pemberian insentif yang sesuai dengan aturan yang disepakati bersama oleh seluruh karyawan Puskesmas; 2) Perlu diberikan kesempatan untuk berkembang, baik melalui pendidikan atau menduduki jabatan tertentu; 3)Perlu adanya pengakuan yaitu dengan memberikan pujian, sanjungan, ucapan terima kasih mengingat bahwa dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, perawat membutuhkan penghargaan selain uan; 4 )Perlu adanya keadilan dan ketegasan pimpinan dalam rangka meningkatkan disiplin karyawan yaitu dengan memberikan punishment tanpa adanya diskriminasi dalam pelaksanaannya; 5) Perlu diciptakan suasana kerja yang kondusif, aman dan nyaman;6) Perlu dilakukan rotasi yang lebih terencana dan terarah untuk mengatasi kejenuhan kelja dengan mempertimbangkan minat, domisili atau lokasi dan profesionalisme;7) Perlu dilakukan rekreasi untuk mengurangi kejenuhan atau studi banding untuk memperluas wawasan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU WULANDARI, 09021458 LUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 12 Dec 2016 18:44
Last Modified: 14 Jun 2017 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item