PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS PROMOSI MELALUl LEAFLET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEM-ITEM PRODUK YANG DIPROMOSIKAN GIANT HYPERMARKET DI A. YANI SURABAYA

Riski Werdian, 049916576 (2006) PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS PROMOSI MELALUl LEAFLET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEM-ITEM PRODUK YANG DIPROMOSIKAN GIANT HYPERMARKET DI A. YANI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-werdianris-1134-b_67_06.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-werdianris-1134-b_67_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh persepsi konsumen atas penyampaian promosi melalui leaflet terhadap keputusan pembelian konsumen atas item-item yang dipromosikan di Giant Hypermarket A. Yani Surabaya. Sesuai dengan judul penelitian, konsumen yang menja<font color="#FF0000">di unit analisis adalah konsumen yang telah atau pernah membaca leaflet yang dicetak dan diedarkan oleh Giant Hypermarket yang sedang atau telah melakukan pembelian barang-barang yang dipromosikan melalui leaflet baik secara keseluruhan maupun campuran. Penelitian ini dilakukan mengingat bahwa keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen dipengaruhi oleh factor promosi yang dilakukan oleh pengecer (Hasty dan Reardon, 1997: 150). Variabel perilaku konsumen terhadap rangsangan promosi yang dilakukan melalui leaflet diambil dari Hasty dan Reardon (1997: 509) dan Peter dan Olson (1996: 260) yaitu isi informasi yang tercetak dalam leaflet meliputi informasi jenis produk yang dipromosikan, infonnasi penawaran harga yang diberikan, pentingnya informasi tambahan yang tercetak dalam leaflet dan kejelasan informasi yang dicetak. Sedangkan desain fisik secara keseluruhan pada leaflet yang dicetak meliputi desain warna, desain gambar, bentuk dan besarnya tulisan, jenis dan ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak leaflet. Model persamaan regresi linear berganda yang diperoleh adalah : Y = 6,518 + 0,441X1 + 0,393X2 + e Sesuai dengan analisa, diperoleh kesimpulan bahwa variabel independen yang digunakan memiliki pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini bisa dilihat dari basil uji t dimana semua koefisien regresi memiliki nilai uji t sebesar (X1) nilai thitung = 11,765 > ttabel = 1,9847 dan (X2) nilai thitung = 10,951 > ttabel = 1,9847. Hasil uji F juga menunjukkan hasil yang signifikan dimana nilai Fhitung = 133,591 > Ftabel = 3,0902. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel persepsi konsumen atas informasi yang dicetak dalam leaflet (XI) mempunyai nilai beta = 0,617 yang nilainya lebih tinggi dari variable persepsi konsumen atas desain fisik yang dicetak dalam leaflet (X2) dengan nilai beta 0,574 sehingga dapat dikatakan variabel persepsi konsumen atas informasi yang dicetak dalam leaflet (XI) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada item-item produk yang dipromosikan Giant Hypermarket A. Yani Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 67/06 Wer p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; PROMOTION; PAMPLETS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Riski Werdian, 049916576UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANAWATI USMAN, Dra. Ec. Hj., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 10 May 2006 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4893
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item