JEHAN MUBAROK
(2004)
KESULITAN-KESULITAN SISWA KElAS SATU SDN KALIASIN IV DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KEDUA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Berdasarkan pengalaman selama J,;urang lebih sam bulan menjalankan Praktek Kerja Lapangan di Sekolah Dasar Kaliasin IV Surabaya, penulis melihar bahwa pembenahan fasilitas-fasilitas dan peningkatan surnber daya manusia dapat lebih memajukan pola pikir siswa-siswinya.
Pembenahan berbagai fasilitas dan peningkatan SDM tidak cukup untuk meminimalisasi kesulitan-kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris yang dikarenakan oleh pengaruh dari bahasa asIilbahasa ibn (mother tongue) dan faktor-faktor lain yang ada, baik dari dalam diri mereka sendiri ataupun dari luar dID mereka.
KesuIitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi kelas satu SD dapat diatasi oleh seorang guru dengan cara menjadi seorang ternan bagi bagi siswa-siswinya, memberikan motivasi seTla pujian, menanamkau rasa saling mengilormati antar sesama siswa, memberikan materi yang menarik, melakukan pendekatan individu, dan memberikan keterangan-keterangan tambahan tentang materi yang diajarkan.
Memberi pengertian kepada orang tua siswa untuk lebih membantu anak mereka dalam belajar bahasa Inggris Selama di rurnah. dan men>arankan mereka untuk mengikutkan anak mereka dalam bimbingan belajar alau les privat, dan mengulangi pelajaran yang telah siswa-siswi kelas satu terima dengan cara mengucapkan kata-kata tersebut di nunah dapat mernbantu mereka untuk mengingat apa yang telah diajw:kan di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |