STUDI DISKRIPTIF TENTANG EFEKTIFITAS PELAYANAN JASA EKSPOR DI DEPT. CUSTOMER SERVICE PADA PT. BRISTAR MITRA CARGO (PT. BMC) SURABAVA

HAERANI (2004) STUDI DISKRIPTIF TENTANG EFEKTIFITAS PELAYANAN JASA EKSPOR DI DEPT. CUSTOMER SERVICE PADA PT. BRISTAR MITRA CARGO (PT. BMC) SURABAVA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 53-04 hae s.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia perdagangan dewasa ini telah berkembang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya negara-negara eksportir maupun negara importir. Perdagangan antar negara ini tentunya tidak semudah perdagangan domestik yang mana tidak melibatkan negara lain. Perdagangan antar negara tersebut, tentunya memerlukan sebuah mediator, yaitu berupa badan usaha atau perusahaan yang menawarkan jasa pengurusan semua prosedur yang diperlukan untuk ekspor maupun impor. Mediator tersebut diantaranya adalah sebagai Freight Forwader. Di Surabaya sendiri, jumlah perusahaan Freight Forwading sudah cukup banyak. Dikarenakan cukup banyaknya perusahaan Freight Forwading inilah menyebabkan tiap-tiap perusahaan Freight Forwading berusaha untuk meningkatkan kinerjanya guna memuaskan keinginan konsumen. Kondisi pasar serta stabilitas nasional suatu negara sangat menentukan tinggi atau tidaknya tingkat ekspor maupun impor, karena apabila suatu negara dalam keadaan kacau atau perang otomatis pasar ikut kacau. Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi perusahaan Freight Forwading, karena perusahaan eksportir yang menggunakan jasa Freight Forwading semakin berkurang. Dikarenakan hal inilah maka perusahaan-perusahaan Freight Forwading berusaha meningkatkan kualitas kerjanya, agar supaya konsumen yang menggunakan jasanya tidak pindah ataau berpaling ke perusahaan Freight Forwading lainnya. Hal ini serupa dilakukan oleh PT. Bristar Mitra Cargo Surabaya. Untuk itu, penulis mengadakan penelitian tentang usaha yang dilakukan oleh PT. Bristar Mitra Cargo Surabaya untuk meningkatkan kualitas kerjanya adalah dengan mengefisienkan dan mengefektifitaskan jasa pelayanan ekspor yang diberikan sehingga dapat memuaskan konsumen. Di pilihnya PT. Bristar Mitra Cargo Surabaya sebagai obyek penelitian karena beberapa alasan yaitu di jalan utama jalan Tanjung Perak. Hal ini tentunya memudahkan bagi penulis untuk menemukan keberadaannya. Dalam melakukan penelitian ini penulis membutuhkan waktu tiga bulan mulai 6 Februari 2003 sampai dengan 6 Mei 2003 di PT. Bristar Mitra Cargo Surabaya khususnya dibagian Customer Service. Pada penulisan. karya tulis akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu menggambarkan secara nyata keadaan usaha Customer service dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Data-data tersebut diperoleh melalui Observasi, Wawancara dan dokumen, yang mana penulis terlibat langsung di dalamnya. Untuk mengoptimalkan semua tujuan tersebut, maka pihak manajemen PT. Bristar Mitra Cargo harns memiliki staff atau karyawan yang dapat bersikap profesional dibidangnya khususnya Customer Service, karena Customer Service adalah departemen yang berhubungan langsung dengan klien. Untuk itu, perusahaan menetapkan beberapa syarat dalam memilih staffnya yaitu berdasarkan ilmu, pengalaman, dan kejujuran. Syarat-syarat tersebut sangat menunjang dalam upaya memberikan pelayanan yang baik dan profesional pada klien atau konsumennya. Selain itu pihak manajemen perusahaan hams memberikan fasilitas dan dukungan kepada staffnya agar bisa bekerja dengan baik. Bila semua itu telah dilakukan, maka diharapkan dapat meningkatakan kinerja perusahaan dan memuaskan klien atau konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.53/04 Hae s (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: pelayanan jasa ekspor
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
HAERANINIM070010663-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 13 Dec 2016 00:03
Last Modified: 13 Dec 2016 00:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item