PENGARUH PEMBERIAN DAUN UNGU (Graptophyllum (L) Griff.) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, KADAR HEMOGWBIN DAN NILAI HEMATOKRIT PADA AYAM YANG DIINFEKSI Eimeria tenella

SUSETYANING DYAH PRATIWI, 069512202 (2000) PENGARUH PEMBERIAN DAUN UNGU (Graptophyllum (L) Griff.) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, KADAR HEMOGWBIN DAN NILAI HEMATOKRIT PADA AYAM YANG DIINFEKSI Eimeria tenella. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 73 01 Pra p.pdf

Download (563kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat daun Ungu (Grap/ophyllum pic/urn (L) Griff) terhadap peningkatan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan nilai hematokrit pada ayam yang diinfeksi Eimeria tenella. Sejumlah 24 ekor ayam pedaging betina tipe CP 707 berumur 21 hari digunakan sebagai hewan coba. Masing-masing hewan coba diinfeksi dengan· 5000 ookista infektif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi dalam empat macam perlakuan dan enam ulangan. Kriteria pembagian empat kelompok perlakuan tersebut adalah Po sebagai kontrol infeksi. PI diberikan terapi bentuk sediaan perasan daun Ungu dengan dosis 112 mg berat basah tanaman dalam 1 mt aquades per ekor, Pzdiberikan terapi bentuk sediaan infusa 10% daun Ungu dengan dosis 112 mg berat basah tanaman per ekor, P3 diberikan terapi bentuk sediaan ekstrak daun Ungu dengan dosis 14,67 mg ekstrak kental dalam 1 ml aquades per ekor. Perlakuan terapi dimulai 24 jam setelah infeksi. Pada hari ke delapan setelah infeksi darah diambil dari vena aksilaris dan dilanjutkan dengan pemeriksaan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan nilai hematokrit pada masing-masing hewan coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberimJ daun Ungu dengan berbagai bentuk sediaan memberikan perbedaan yang sangat nyata terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan nilai hematokrit pada ayam yang diinfeksi Eimeria tene/fa dibandingkan ayam yang tidak mendapat terapi daun Ungu. Setelah dilanjutkan dengan uji BNT 5~~ diketahui bahwa bentuk sediaan ekstrak memberikan hasil terapi yang terbaik dalam meningkatkan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan nilai hematokrit dibandingkan bentuk sediaan perasan dan infusa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SUSETYANING DYAH PRATIWI, 069512202UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Utomo, drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Dec 2016 22:42
Last Modified: 13 Dec 2016 22:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item