PERIIITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN S1 DAN D3 PER MAHASISWA DENGAN ACTIVITY BASED COSTING PADA UNIVERSITAS KATOLIK WIDVA MANDALA SURABAYA

LUSIA JENI SETYAWATI, 040123730E (2004) PERIIITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN S1 DAN D3 PER MAHASISWA DENGAN ACTIVITY BASED COSTING PADA UNIVERSITAS KATOLIK WIDVA MANDALA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 274-04 SET P-EDT.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PerlIituogan biaya produk tradisional membebankan biaya prodoksi pada Jmduk. !'ada waktu yang lalu, Wnana proses produbi yang dilakukan masih sederllana, produk -produk yang dihasjlkan belwn berag.w jeni.snya, maka penggunaan petbiWllgan biaya dengao motode tmdisional dipandang tepat. Seiring detIfJIIl beJ:putamya waktu, maka industri-industri pun mengalami pe!kembangan ~pesat, pro!les prodoksi mulai rumit det!g;ln ban,yaknya aktivitas yang dilakukan, produk yang beragam jenisnya, penggunaan mesin -mesin otomatis, dan lain-lain. Melihat kondigi tersebut di alaS, maka penggunaan motode tmdisional untuk perllitullg.1n maya sudah tidak tepat, sehi.ogga dibutuhkan motodc bam yang menghaBilkan perllitungan maya yang lebih akUl1ll, yaitu dengan Activity Based Costing (ABC) Deng;m penggunaan ABC dan ke~eunggulan Jain yang dimiliki diliarapkan perusahaan memiliki ke1ll1{!glllan kompetilif. Dalam penelitian ini perllitungan maya dengan ABC diterapkan dalam pe.rusalumn jasa, yaitu Universitas Katolik Widya MmdaIa Sumbaya, khususnya dalam menghitung maya pendidikan Mahasiswa pt;f unit. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder yang diambil det!g;ln ~ teknik wawancara dan observasi. Dari data yang telah terlcumpul dianalisis denglln menggunakan tahapan.--tahapan ABC. Hasil perllitwlg>m dengan metode ABC alc.an dibandingkan dengan perllitullg.1n yang dilakukan oIeh Universitas tersebut saal ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 274/04 Set p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
LUSIA JENI SETYAWATI, 040123730EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSRI ISWATI, Dr. Msi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 23:13
Last Modified: 18 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item