PERBANDINGAN LAMA WAKTU KESEMBUHAN LUKA YANG DIINFEKSI Staphylococcus aureus SETELAH PEMBERIAN GERUSAN DAUN WUNGU, EKSTRAK DAUN WUNGU (Graptophyllum pletum (L) Griff) DAN OKSITETRASIKLIN SECARA TOPIKAL PADA TIKUS PUTIH (Rattus.novergicus)

AMIANALIA, 069712429 (2001) PERBANDINGAN LAMA WAKTU KESEMBUHAN LUKA YANG DIINFEKSI Staphylococcus aureus SETELAH PEMBERIAN GERUSAN DAUN WUNGU, EKSTRAK DAUN WUNGU (Graptophyllum pletum (L) Griff) DAN OKSITETRASIKLIN SECARA TOPIKAL PADA TIKUS PUTIH (Rattus.novergicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 75 02 Ana p.pdf

Download (554kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian gerusan daun Wungu ,ekstrak daun Wungu dan membandingkannya dengan Oksitetrasikhn secara topikal terhadap lama waktu penyembuhan luka yang diinfeksi Staphylococcus aureus pada tikus putih (Rattus novergicus). Pada penelitian ini digunakan 24 ekor tikus putih yang sudah dilukai dan diinfeksi Staphylococcus aureus dan dibagi menjadi empat kelompok yaitu A kelompok kontrol, B. kelompok yang diobati gerusan daun Wungu, C. kelompok yang diobati ekstrak daun Wungu, D. kelompok yang diobati Oksitetrasiklin. Perlakuan pengobatan dilakukan setelah timbul nanah dan radang hingga luka sembuh. Pengamatan kesembuhan luka didasarkan pada tidak adanya keradangan dan nanah, tepi luka menutup serta terkelupasnya jaringan nekrotik. Berdasarkan analisis statistik terdapat perbedaan yang singnifikan (p<O,Ol) diantara perlakuan dan berdasarkan Uji BNT 1 % perlakuan C. pengobatan dengan ekstrak daun Wungu memberikan waktu kesembuhan yang sama cepatnya dengan perlakuan D. pengobatan dengan Oksitetrasiklin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Creators:
CreatorsNIM
AMIANALIA, 069712429UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Bambang Sektiari L., DEA.,drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Dec 2016 23:51
Last Modified: 13 Dec 2016 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item