ANALISIS DAMPAK NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA IMPOR BARANG INDONESIA SETELAH PELAKSANAAN SISTEM MENGAMBANG BEBAS PERIODE 1997/111-2001/1

ANUNG YOGA ANINDHITA, NIM.: 049715626 (2002) ANALISIS DAMPAK NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP KINERJA IMPOR BARANG INDONESIA SETELAH PELAKSANAAN SISTEM MENGAMBANG BEBAS PERIODE 1997/111-2001/1. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 27-02 ANI A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak 14 Agustus 1997, Indonesia merubah sistem nilai tukarnya dari sistem mengambang terkendali menjadi sistem mengambang bebas di mana sistem yang terakhir tersebut membiarkan nilai tukar tukar berfluktuasi menurut mekanisme pasar. Semenjak itu fluktuasi yang tajam sangat berbeda dengan pada saat pelaksanaan sistem mengambang terkendali dan mempunyai konsekuensi yang berbeda pula terhadap perdagangan (ekspar-lmpor). Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dampak yang ditimbulkan nilai tukar Rupiah terhadap kinerja impor barang indonesia periode 1997/IIl-2001/1. Variabel yang dispesifikasikan sebagai dampak nilai tukar adalah I) pergerakan (realignment) Nominal Effective Exchange Rate (NEER) yang melihat dampak apresiasi/depresiasi nilai tukar terhadap koreksi/penyesuaian impor dan 2) resiko nilai tukar yang timbul karena variabilitas nilai tukar berpotensi menimbulkan kerugian dalam transaksi impor. Untuk mencegah kesalahan spesifikasi dalam model, maka juga dimasukkan variabel pendapatan nasional riil dan harga relatif impor. Hasil yang didapatkan ternyata bahwa kinerja impor barang Indonesia dijelaskan seeara signifikan oleh variabel harga relatif impor dan pergerakan (realignment) NEER (apresiasi/depresiasi nilai tukar). Berarti bahwa dari 2 variabel utama yang diteliti, hanya pergerakan (realignment) NEER yang didapatkan signifikan terhadap impor (elastisitas sebesar 0,50 berkorelasi positif). Walaupun harga relatif impor (perbandingan tingkaf harga impor (indeks impor) dengan domestik(IHPB)) merupakan variabel yang dominan (elastisitas 6,378 korelasi negatif) terhadap impor, akan tetapi juga didapatkan bahwa ternyata tingkat harga impor lebih disebabkan perubahan nilai tukar (NEER) daripada kenaikan sebenarnya barang impor tersebut di luar negeri yang menunjukkan bahwa eksternalitas gejolak nilai tukar sangat berdampak besar terhadap kinerja impor Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 27/ 02 ANI A
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ANUNG YOGA ANINDHITA, NIM.: 049715626UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSUPRAJITNO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Dec 2016 01:25
Last Modified: 14 Dec 2016 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item