SESILIA SUSILOWATI SETYANINGSIH, 049136143
(2002)
ANALISIS POSISI PRODUK MINYAK GORENG KELAPA SAWIT MEREK FILMA
DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Posisi produk merupakan kebijakan strategis yang penting bagi produk atau merek. Mengetahui dimana posisi produknya sangat membantu perusahaan untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan strategi posisi produk. Penelitian tentang posisi produk minyak goreng kelapa sawit ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui posisi produk minyak goreng kelapa sawit merek Filma dibandingkan dengan merek pesaingnya yaitu Bimoli, Kunci Mas, Sania, Tropical, dan Delima, berdasarkan atas atribut-atributnya yang meliputi tidak berkolesterol, mengandung vitamin-vitamin yang diperlukan oleh tubuh, berwarna kuning jernih, dapat menjaga rasa masakan, hemat pemakaian dan diproses secara higienis.
Data yang diperoleh dari responden pada penelitian ini diolah dengan menggunakan tehnik analisis Biplot, yaitu suatu analisis yang digunakan untuk melakukan positioning maupun perceptual mapping dari sekumpulan obyek. Analisis ini membantu menampilkan posisi relatif antar obyek sehingga obyekobyek yang berdekatan akan memperlihatkan kemiripan berdasarkan atributatribut yang diamati dan posisi suatu obyek dapat dikenali berdasarkan dominasi atributnya. Cara kerja tehnik analisis Biplot ini melalui beberapa tahap yaitu menyiapan data, penguraian nilai singular melalui tehnik analisis Faktor, pembangkitan matrik baris dan matrik kolom, dan terakhir adalah pembuatan plot (perceptual mapping).
Actions (login required)
|
View Item |