FRIA ASTARl, 049812353
(2004)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN PARA KLIEN TERHADAP BROKER PT. HALIM MITRADANA INTERNASIONAL
SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Berbagai macam bisnis investasi keuangan di luar bank lahir dan berkembang akhir-akhir ini, seperti reksadana, perdagangan valas dan indeks saham. Mengingat jumlah modal awal yang cukup besar sedangkan keadaan perekonomian Indonesia belum juga stabil, hubungan yang erat antara pihak organisasi dengan konsumennya sangat diperlukan guna melancarakan suatu hubungan bisnis. Pada hubungan kerja sarna tersebut, Kepercayaan antara kedua pihak jelas sangat dibutuhkan dan merupakan langkah awal terjadinya business relationship.Dengan mengusahakan pendekatan ethical dari kejujuran dan good business practices, dapat mengilhami Kepercayaan konsumen terjaga dan meningkat. Callaghan (1995) dan Yau (2000) menyatakan bahwa ethics telah menjadi salah satu faktor pendukung dari dimensi orientasi relationship yang sudah ada sebelurnnya, yaitu Kepercayaan. Empathy, Reciprocity, dan Bonding. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah Formalised Ethics, Individual Ethical Structure, Empathy, Reciprocity, dan Bonding mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan para klien kepada broker PT. Halim Mitradana Intemasional Surabaya dan juga apakah Formalised Ethics mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Individual Ethical Structure.
Berdasarkan uji hipotesa diperoleh bahwa kedua hipotesa penelitian diterima yang berarti bahwa Formalised Ethics, Individual Ethical Structure, Empathy. Reciprocity, dan Bonding mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepercayaan. Kemudian juga bahwa Formalised Ethics mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap individual Ethical Structure. Saran yang dapat diberikan adalah agar broker lebih meningkatkan kemampuannya dalam menganalisa pergerakan pasar modal, broker secara terbuka membicarakan kerugian yang tak dapat dihindari kepada klien dengan penjelasan dari penyebab kerugian disertai dengan bukti-bukti, kemudian peningkatan Bonding dengan cara menjaga kedekatan hubungan dengan klien dan lebih saling terbuka dalam segala hal terutama yang bersangkutan dengan transaksi.
Actions (login required)
|
View Item |