Pemberian Stimulasi Selama satu Jam Pada Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan

MIra Irmawati and I Gusti ayu Indah Ardani and Dewi Astasari and Irwanto and Ahmad Suryawan and Moersintowarti B. Narendra (2012) Pemberian Stimulasi Selama satu Jam Pada Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan. Media Medika Indonesiana Journal, 46 (3). pp. 147-216. ISSN 0126-1762

[img]
Preview
Text (Abstract)
Abstrak karil 8.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4570-9972-1-SM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (Peerreview)
peerreview8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
Official URL: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmi/article/...

Abstract

Pendahuluan: Stimulasi mempunyai peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama fungsi kognitif, afektif dan psikomotor. Stimulasi yang terus menerus mengakibatkan hubungan antar sel otak (sinapsis) bisa berjalan dengan baik. Kurangnya stimulasi akan mengakibatkan hilangnya fungsi sel-sel otak ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stimulasi selama 1 jam pada perkembangan anak usia 12-24 bulan. Metode: Penelitian dilakukan secara analitik prospektif kohort pada anak usia 12-24 bulan di Kecamatan Gubeng, Surabaya, mulai bulan September 2008 hingga Februari 2009. Tujuh puluh anak sehat secara acak dibagi dalam 2 kelompok, kelompok stimulasi dan kelompok kontrol. Denver II digunakan untuk menilai status perkembangan anak, sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji McNemar dan Chi Square. Hasil: Didapatkan perbaikan perkembangan pada kedua kelompok, dari 85,7% menjadi 94,3% pada kelompok stimulasi, dan 68,6% menjadi 77,1% pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan bermakna pada kemampuan perkembangan, hanya 10% tidak mengalami keterlambatan pada kelompok stimulasi, sedangkan kelompok kontrol 30% (p=0,042). Setelah 3 bulan, terjadi peningkatan perkembangan pada kelompok stimulasi dari subyek yang suspek menjadi normal sebesar 80%, dan kelompok kontrol sebesar 63,6%, tetapi tidak bermakna (p=0,375 vs p=0,549). Simpulan: Pemberian stimulasi satu jam meningkatkan kemampuan perkembangan anak usia 12-24 bulan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Children, aged 12-24 months, early stimulation, Denver II
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Anak (Sub Spesialis)
Peer Review
Creators:
CreatorsNIM
MIra IrmawatiUNSPECIFIED
I Gusti ayu Indah ArdaniUNSPECIFIED
Dewi AstasariUNSPECIFIED
IrwantoUNSPECIFIED
Ahmad SuryawanUNSPECIFIED
Moersintowarti B. NarendraUNSPECIFIED
Depositing User: Bayu Yulianti
Date Deposited: 10 Jan 2017 23:27
Last Modified: 10 Jan 2017 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item