DAMPAK KRlSIS EKONOMI TERHADAP UPAH TENAGA KERJA DALAM SISTEM NERACA SOSIAL EKONOMI INDONESIA 1999

AULIA DIYAH PUSPITASARI, 049816094 (2004) DAMPAK KRlSIS EKONOMI TERHADAP UPAH TENAGA KERJA DALAM SISTEM NERACA SOSIAL EKONOMI INDONESIA 1999. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 53 04 Pus d.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis ekonomi yang teIjadi pada pertengaban tabun 1997 telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perekonomian Indonesia, yaitu salab satunya adalab menyebabkan output atau produksi menjadi berkurang akibat tingginya harga bahan baku import dan menyebabkan Produk Domestik Broto (POB) Indonesia pada tabun 1998 terpuruk. Turunnya POB ini menyebabkan para produsen menanggung beban herat dalam berproduksi, sehungga salah satu kebijakan yang dilakukan adalah mem-PHK.-kan karyawan. Dengan kata lain, hal ini menyebabkan berkurangnya jmn1ah tenaga keIja yang elipekeIjakan eli masingmasing sektor dan berkurangnya pendapatan yang mereka terima. Penelitian ini menggunakan alat analisis Simulasi Dekomposisi Matrik Pengganda dalam kerangka SNSE Indonesia. Oalam melaksanakan analisis ini hams selalu menggunakan pedoman atau prinsip hubungan saling ketergantungan dalam sistem ekonomi, yaitu antara faktor produksi, institusi dan sektor produksi. Dengan demikian SNSE berguna untuk mengetahui dampak suatu kebijakan terhadap suatu sektor dan pengaruhnya terhadap sektor-sektor dalam SNSE. Tujuan dati penentian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak krisis ekonomi yang direpresentasikan me1a1ui kontraksi sektoral terhadap pendapatan tenaga keIja yang tercermin daIam neraca faktor produksi, institusi dan sektor produksi serta untuk mengetahui sektor manakah yang berpengaruh terbesar terhadap pendapatan tenaga keIja. Dengan menggunakan data dari SNSE Indonesia tabun 1999, hasil perhitungan menunjukkan babwa kontraksi terhadap sub sektor produksi restoran dan perhotelan (48) memberikan pengaruh terbesar terhadap pendapatan tenaga keIja. Dengan kata lain, tenaga keIja yang bekeIja pada sub sektor produksi restoran dan perhoteIan mengalami dampak terbesar akibat adanya krisis ekonomi, sebingga pendapatan yang diterima tenaga keIja juga mengalarni penurunan, bahkan teIjadi PHK. Pada masa krisis,· naiknya harga barang dan jasa tidak diimbangi dengan naiknya pendapatan tenaga keIja, naiknya harga barang dan jasa tersebut mengakibatkan menurunnya tingkat konsumsi masyarakat. Sebagian besar masyarakat cenderung untuk menekan pengeJuaran untuk memenuhi kebutuhan bersenang-senang. Akibatnya kegiatan di sektor restoran dan perhotelan mengalami penurunan yang berdampak pada pendapatan tenaga keIja tang bekeIja pada sektor ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 53/04 Pus d
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE-CRISIS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4700-4705 Government measures in time of war, national emergency, or economic crisis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
AULIA DIYAH PUSPITASARI, 049816094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI KUSRENI, Dra., Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Dec 2016 18:46
Last Modified: 15 Dec 2016 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49343
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item