Sitti Khorriyatul Khotimah, 119610107
(2001)
PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP TINGKAT KAEATIVITAS
PADA ANAK USIA SEKOLAH.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
bermain konstruktif terhadap tingkat kreativitas anak usia sekolah ditinjau dari
kreativitas kognitif dan kreativitas afektif, dimana tingkat kreativitas merupakan
variabel terikat (Y) dan bermain konstruktifmerupakan variabel bebas eX).
Populasi dari penelitian ini adalah anak usia sekolah dengan karakteristik populasi, siswa SD kelas I sampai dengan kelas VI, berusia 6 sampai dengan 14 tahun, suku Madura, bersekolah dan bertempat tinggal di Madura
Pengambilan sam pel dilakukan dengan purposive sampling. Setelah dilakukan serangkaian kontrol pada popuJasi ditentukan 20 sampeJ penelitian. Dengan metode group rna/ching subyek dibagi menjadi 2 keJompok yang kemudian dengan random by group ditentukan keJompok eksperimen dan kelompok kontrolnya. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi treatment bermain konstruktif dan kelompok kontrol dibiarkan dalam kondisi biasanya.
Pengukuran tingkat kreativitas kognitif dilakukan dengan Tes Kreativitas Figural yang diadaptasi dari Guilford oleh Vtami Munandar. Pengerjaan tes ini dengan membuat gambar dari stimulus lingkaran yang diberikan, yang kemudian dinilai dari 5 aspek yaitu fluency, fle.x:ibility, originality, bonus orisinalitas dan elaboration. Dari hasi! uji validitas diperoleh 4 aspek yang sahih yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. sementara bonus orisinalitas gugur karena semua subyek tidak dapat memenuhinya. Dari penghitungan nilai reliabilitas, nilai r=0,846 dengan niJai p<0,001 yang menunjukkan alat ukur ini reliabel.
Pengukuran tingkat kreativitas afektif dengan menggunakan Skala Sikap Kreatif dari Utami Munandar. Skala sikap ini terdiri daari 30 butir soal yang diisi dengan menandai pilihan "'ya" atau "tidak" sesuai kondisi subyek. Hasil uji validitas menunjukkan 21 butir sahih dan 9 butir gugur. Penghitungan reliabilitas memperoleh nilai r-=0,930 dengan nilai p=0,003 yang menunjukkan bahwa alat ukur ini Jeliabel.
Tehnik analisis data dilakukan dengaan uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Uji-t akan dilakukan dengan paket SPS. Hasil uji-t untuk tingkat kreativitas kognitif memperoleh niIai t=4,343 dengan nilai p=0,001. Maka hipotesis yang menyatakan "ada pengaruh bermain konstruktif terhadap tingkat kreativitas kognitif pada anak usia sekolah" diterima. Artinya, bermain konstruktif terbukti dapat meningkatkan kreativitas kognitif pada anak usia sekoIah.
Hasil uji-t pada tingkat kreativitas afektif memperoleh nilai t=0,523 dengan nilai p=0,613. Maka hipotesis yang menyatakan "ada pengaruh bermain konstruktif terhadap tingkat kreativitas afektif pada anak usia sekolah" ditolak. Artinya bermain konstruktif tidak terbukti dapat meningkatkan kreativitas afektif paada anak usia sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |