KHOIRUL ANISAH, 040137327 (2006) PENGARUH KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT ( SALESPERSON, TELEMARKETER, OPINION LEADER ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPUTER RAKITAN DI PUSAT KOMPUTER MAL SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-anisahkhoi-3397-b20306-t.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-anisahkhoi-3397-.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu industri yang saat ini sedang berkembang pesat adalah industri elektronika, termasuk industri komputer yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1970-an ( Info Komputer 1991 ). Industri ini berkembang pesat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang di dalamnya mencakup industri komputer. Perkembangan penjualan komputer di Surabaya cukup pesat. Hal ini ditandai dengan adanya penjualan komputer yang terbesar di Surabaya yaitu Pusat Komputer Mal di kawasan Kusumabangsa Surabaya. Melihat jumlah distributor yang cukup banyak tersebut, maka dapat dipastikan bahwa persaingan antar distributor (pemasar) harus pandai-pandai dalam meninjau kembali strategi pemasaran yang sudah dijalankan selama ini. Penelitian ini menganalisis adanya pengaruh komunikasi dari mulut ke mulut (salesperson, telemarketer, opinion leader) terhadap keputusan pembelian di Surabaya dengan obyek penelitian komputer rakitan. Dalam penilitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 100 orang responden pria dan wanita sebagai sumber data primer dengan membagikan kuisioner. Menggunakan analisis regresi logistik untuk mengetahui berapa persen terjadinya peluang pembelian atau tidak dengan menggunakan variabel bebas salerperson, telemarketer, dan opinion leader. Berdasarkan perhitungan dengan analisis regresi logistik maka dipasilkan persamaan: in (__p__) = 0,1419 + 1–p 0,1573 X1 + 0,2321 X2 + 0,2886 X3 Catatan : Untuk lebih jelasnya Rumus bisa dilihat di pdf. Konstanta sebesar 0.1419 artinya probabilitas yang membeli pada variabel salesperson, telemarketer dan opinion leader lebih tinggi daripada keputusan tidak membeli. Nilai X1 (salesperson) sebesar 0.1573, artinya probabilitas yang tidak membeli pada variabel salesperson lebih rendah bila dibandingkan dengan yang membeli komputer, X2 (telemarketer) sebesar 0.2231, artinya probabilitas yang tidak membeli komputer pada variabel telemarketer lebih rendah bila dibandingkan dengan yang membeli komputer. X3 (opinion leader) sebesar 0.2886, artinya probabilitas yang tidak membeli komputer pada variabel opinion leader lebih rendah bila dibandingkan dengan yang membeli komputer. Nilai koefisien R square (R) 0.6431. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan variabel keputusan pembelian sebesar 64.31 % dipengaruhi oleh salesperson, telemarketer, opinion leader. Sedangkan sisanya 35.69 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel-variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh salesperson (X1), telemarketer (X2), dan opinion leader (X3) terhadap keputusan pembelian. Opinion leader (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.203/06 Ani p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; COMPUTER | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives T Technology |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 29 Dec 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2017 21:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4948 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |